Pengertian Konflik Sosial, Faktor Penyebab, Bentuk dan Dampak Konflik Sosial Lengkap

Posted on

Pengertian Konflik Sosial, Faktor Penyebab, Bentuk dan Dampak Konflik Sosial Lengkap – Konflik sosial adalah berbagai masalah sosial yang menimbulkan pertentangan dalam kehidupan masyarakat atau bernegara, yang disebabkan oleh adanya perbedaan pendapat atau pandangan tertentu, akibat tidak adanya rasa toleransi dan perasaan saling mengerti akan kebutuhan individu masing-masing.

Pengertian Konflik Sosial Menurut Para Ahli

Robins

Menurut Robins, Konflik sosial adalah suatu proses dimana suatu pihak merasa dirugikan dan pihak tersebut telah memberikan efek negatif kepada pihak yang lain.

Soejono Seokanto

Menurut Soejono Seokanto, Konflik sosial adalah suatu bentuk proses soial dimana individu atau kelompok berusaha untuk mencapai tujuannya dengan cara menantang individu atau kelompok lain yang disertai dengan ancaman atau kekerasan.

Loading...

Minnery

Menurut Minnery, Konflik sosial adalah interaksi yang terjadi antara individu atau kelompok yang satu dengan individu atau kelompok yang lain yang saling berhubungan, saling ketergantungan, tapi terpisahkan oleh perbedaan tujuan.

Lewis A.Coser

Menurut Lewis A.Coser, Konflik sosial adalah suatu perjuangan mengenai nilai atau tuntutan atas status dan kekuasaan yang bermaksud untuk menetralkan, menciderai atau menjatuhkan pihak lawan.

Gillin

Menurut Gillin, Konflik Sosial adalah bagian dari proses sosial yang terjadi karena adanya perbedaan fisik, emosi, budaya, dan juga perilaku.

Faktor Penyebab Konflik Sosial

Memiliki Perbedaan Pandangan
Perbedaan pandangan dan pendapat seringkali membuat kedua kelompok atau lebih terlibat dalam konflik sosial. Perbedaan pandangan tersebut terjadi karena adanya perbedaan cara berpikir serta tujuan akhir masing-masing kelompok. Perbedaan ini sebenarnya bisa dihindari jika di dalam kelompok tersebut memiliki suatu perasaan saling menghormati dan rasa toleransi yang tinggi

Saling Bergantung
Antara kelompok satu dengan yang lain pasti saling memiliki ketergantungan untuk mencapai suatu tujuan. Sehingga sikap saling ketergantungan inilah yang bisa menimbulkan konflik jika tidak adanya persatuan tujuan antara kedua kelompok.

Masalah Komunikasi
Komunikasi merupakan modal utama dalam melakukan proses sosialisasi. Jika komunikasi tidak berjalan dengan baik, maka kemungkinan untuk timbulnya konflik semakin besar, dikarenakan maksud dan tujuan yang disampaikan tidak sepenuhnya didengar akibat komunikasi yang kurang baik.

Adanya Struktur Organisasi
Dalam organisasi atau kelompok, pasti memiliki struktural dalam menjalankan tugas dan fungsi masing-masing untuk mempermudah mencapai tujuan bersama. Akan tetapi, seringkali antara struktur yang satu dengan yang lain tidak mencapai kata sepakat dalam menyelesaikan suatu permasalahan, sehingga timbul konflik.

Perbedaan Sifat Manusia
Terdapat berbagai macam kepribadian manusia, antara orang yang satu dengan yang lain tentunya memiliki kepribadian yang berbeda. Ada yang memiliki rasa memahami yang besar, ada orang yang egois, ada orang yang diktator, dan lain sebagainya.

Bentuk-Bentuk Konflik Sosial

Adapun bentuk-bentuk konflik sosial diantaranya yaitu:

Berdasarkan Posisi Pelaku

  • Konflik Horizontal, yaitu konflik yang terjadi antara individu atau kelompok yang memiliki kedudukan yang relatif sama
  • Konflik Vertikal, yaitu konflik yang terjadi antar komponen masyarakat yang memiliki struktural
  • Konflik Diagonal, yaitu konflik akibat tidak meratanya pendistibusian sumber daya ke setiap organisasi sehingga muncul konflik yang ekstrem

Berdasarkan Sifatnya

  • Konflik Destruktif, yaitu konflik yang terjadi karena adanya rasa dendam atau benci pada kelompok lainnya
  • Konflik Konstruktif, yaitu konflik yang terjadi karena adanya perbedaan pandangan antar kelompok

Berdasarkan Sifat Pelakunya

  • Konflik Terbuka, yaitu konflik yang diketahui oleh semua pihak, seperti konflik antara Israel dan Palestina
  • Konflik Tertutup, yaitu konflik yang hanya diketahui oleh orang tertentu saja, seperti konflik dalam keluarga

Dampak Konflik Sosial

Dampak Negatif Konflik Sosial

Adapun dampak negatif konflik sosial diantaranya yaitu:

  • Meningkatnya solidaritas sesama anggota kelompok yang berkonflik dengan kelompok yang lain, karena memiliki pemahaman yang sama untuk menjatuhkan pihak lawan
  • Keretakan hubungan antar kelompok atau individu yang bertikai atau berkonflik
  • Kerusakan harta benda dan hilangnya nyawa manusia
  • Perbuahan kepribadian pada individu, misalnya timbul dendam, benci, dan saling curiga

Dampak Positif Konflik Sosial

Adapun dampak positif konflik sosial diantaranya yaitu:

  • Tuntasnya Permasalahan, maksudnya jika misalnya terjadi perbedaan pendapat dalam suatu diskusi atau forum, maka hal tersebut akan lebih lengkap untuk dijelaskan, sehingga akan tuntas
  • Dapat berfungsi sebagai sarana untuk mencapai keseimbangan kekuatan di dalam masyarakat
  • Dapat menghidupkan kembali norma lama dan menciptakan norma baru
  • Memungkinkan adanya penyesuaian kembali terhadap norma lama yang dianggap tidak bisa mewakili kehidupan sekarang.

Demikian penjelasan yang bisa kami sampaikan tentang Pengertian Konflik Sosial, Faktor Penyebab, Bentuk dan Dampak Konflik Sosial Lengkap Semoga bermanfaat dan sampai jumpa pada postingan selanjutnya.