Pengertian Pelayanan Kesehatan, Tujuan dan Jenis-Jenis Pelayanan Kesehatan Masyarakat Lengkap

Posted on

Pengertian Pelayanan Kesehatan, Tujuan dan Jenis-Jenis Pelayanan Kesehatan Masyarakat Lengkap – Pelayanan kesehatan adalah sebuah konsep yang digunakan dalam memberikan layanan kesehatan kepada masyarakat. Pelayanan Kesehatan merupakan konsep yang digunakan untuk memberikan layanan secara terus menerus kepada publik dan masyarakat.

Pengertian Pelayanan Kesehatan Menurut Para Ahli

Prof. Dr. Soekidjo Notoatmojo

Menurut Prof. Dr. Soekidjo Notoatmojo, Pelayanan Kesehatan adalah sebuah bagian dari sistem pelayanan kesehatan yang tujuan utamanya adalah pelayanan preventif (pencegahan) dan promotif (peningkatan kesehatan) memiliki sasaran yaitu publik dan masyarakat.

Levey dan Loomba (1973)

Menurut Levey dan Loomba, Pelayanan Kesehatan adalah upaya untuk menyelenggarakan sendiri ataupun secara bersama-sama dalam suatu organisasi kesehatan untuk mencegah dan meningkatkan kesehatan, memelihara, dan menyembuhkan penyakit dari seseorang, kelompok, keluarga, ataupun masyarakat.

Loading...

Depkes RI (2009)

Menurut Depkes RI, Pelayanan Kesehatan adalah upaya yang menyelenggarakan perorangan atau bersama-sama dalam organisasi untuk mencegah dan meningkatkan kesehatan, memelihara serta menyembuhkan penyakit dan juga memulihkan kesehatan perorangan, kelompok, keluarga dan ataupun publik masyarakat.

Tujuan Pelayanan Kesehatan

Menurut A. A. Maulana (2013), Sistem Pelayanan Kesehatan memiliki tujuan yaitu:

  • Promotif, yaitu pemelihara dan peningkatkan kesehatan hal-hal ini sangat diperlukan misalnya dalam peningkatan gizi.
  • Preventif, yaitu pencegahan terhadap orang yang berisiko terhadap penyakit, terdiri dari :
  • Preventif primer, yaitu terdiri dari program pendidikan, misalnya imunisasi, penyediaan nutrisi yang baik.
  • Preventif sekunder, yaitu pengobatan penyakit tahap dini.
  • Preventif tersier, yaitu diagnosa penyakit, pembuatan diagnosa dan pengobatan.
  • Kuratif, yaitu penyembuhan penyakit
  • Rehabilitasi, yaitu pemulihan dan proses pengobatan

Pelayanan kesehatan iniĀ  dilakukan oleh:

  • Dokter Spesialis
  • Dokter Subspesialis terbatas
  • Perawat
  • Bidan
  • Petugas kesehatan lingkungan

Jenis Pelayanan Kesehatan

Menurut Hodgetts dan Casio, jenis pelayanan kesehatan secara umum dapat dibedakan menjadi dua, diantaranya yaitu:

Pelayanan Kedokteran

Pelayanan kesehatan yang termasuk dalam kelompok pelayanan kedokteran (medical services) ditandai dengan cara pengorganisasian yang dapat bersifat sendiri (solo practice) atau secara bersama-sama dalam satu organisasi. Tujuan utamanya untuk menyembuhkan penyakit dan memulihkan kesehatan, serta sasarannya terutama untuk perseorangan dan keluarga.

Pelayanan Kesehatan Masyarakat

Pelayanan kesehatan yang termasuk dalam kelompok kesehatan masyarakat (public health service) ditandai dengan cara pengorganisasian yang umumnya secara bersama-sama dalam suatu organisasi. Tujuan utamanya untuk memelihara dan meningkatkan kesehatan serta mencegah penyakit, serta sasarannya untuk kelompok dan masyarakat.

Demikian artikel pembahasan tentang “Pengertian Pelayanan Kesehatan, Tujuan dan Jenis-Jenis Pelayanan Kesehatan Masyarakat Lengkap“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa