Pengertian Tumbukan, Macam-Macam Jenis dan Contoh Soal Tumbukan Fisika Lengkap

Posted on

Pengertian Tumbukan, Macam-Macam Jenis dan Contoh Soal Beserta Jawaban Tumbukan Fisika Lengkap – Pengertian tumbukan dalam fisika adalah peristiwa bertemunya dua buah benda yang bergerak. Saat tumbukan selalau berlaku hukum kekekalan momentum tapi tidak selalu berlaku hukum kekekalan energi kinetik. Mungkin sebagian energi kinetik diubah menjadi energi panas akibat adanya tumbukan.

Macam-Macam Tumbukan Fisika

Terdapat 3 jenis tumbukan diantaranya yaitu Tumbukan Lenting Sempurna, Tumbukan Lenting Sebagian dan Tumbukan Tidak Lenting Sama Sekali.

Tumbukan Lenting Sempurna

Dua buah benda bisa dibilang mengalami tumbukan lenting sempurna bila tidak ada kehilangan energi kinetik ketika terjadi tumbukan. Energi kinetik sebelum dan sesudah tumbukan sama demikian juga dengan momentum dari sistem tersebut. Dalam tumbukan lenting sempurna secara matematis bisa dirumuskan

Loading...

V1 + V1‘ = V2 + V2

Tumbukan Lenting Sebagian

Dua buah benda dikatakan mengalami tumbukan lenting sebagaian bila ada kehilangan energi kinetik setelah tumbukan. Secara matematis kecepatan masing-masing benda sebelum dan sesudah tumbukan dapat dilihat pada rumus berikut ini:

eV1 + V1 = eV2 + V2

e pada persamaan di atas adalah koefiseien retitusi yang nilainya bergerak antara 0 hingga 1. Contoh tumbukan lenting sebagian diantaranya bola bekel yang jatuh dan memantul berulang-ulang hingga akhirnya berhenti. Karena ada nilai e maka tinggi pantulan jadi lebih rendah dari pada tinggi mula-mula. Secara matematis tinggi pantulan ke-n tumbukan adalah:

hn = ho.e2n

contoh soal tumbukan lenting sebagian

Sebuah bola bekel jatuh dari ketinggian 4 meter, lalau dia mengalami pemantulan berulang. Jika koefisien restitusi adalah 0,7, maka berapa tinggi bola bekel setelah pemantulan ke-5?

Jawab:

h5 = 4.0,710 = 0,113 m = 11,3 cm

Tumbukan Tidak Lenting Sama Sekali

Dua buah benda dikatakan mengalami tumbukan tidak lenting sama sekali jika setelah tumbukan kedua benda tersebut menjadi satu dan setelah tumbukan kedua benda tersebut memiliki kecepatan yang sama. Momentum sebelum dan sesudah tumbukan juga bernilai sama. Secara matematis dirumuskan

m1V1 + m2V2 =(m1+m2)V’

Contoh peristiwa tumbukan tidak lenting sama sekali ini sering dijumpai dalam ayunan balistik.

Peristiwa Ayunan Balistik

Sebuah peluru dengan massa m ditembakkan dengan kecepatan v sehingga menumbuk sebuah balok yang terikat oleh tali. Jika setelah tumbukan keduanya menyaut dan mencapai tinggi maksimum H (titik puncak saat balok dan peluru berhenti). Maka didapatkan persamaan sebagai berikut:

mv = (m+M) √2gh

Contoh soal tumbukan tidak lenting sama sekali

1. Sebuah peluru bermassa 20 gram, ditembakkan mengenai sebuah balok pada ayunan balistik yang massanya 1 kg. Jika peluru tertancap pada balok hingga mereka mencapai tinggi maksimal 25 cm. Berapa kecepatan peluru mula-mula peluru tersebut?

Jawab:

mv = (m+M) √2gh
0,02.v = (0,02+1) √2.10.0,25
0,02.v = 1,02 √5
v = (1,02+√5)/0,02
v = 162,8 m/s

Demikian penjelasan yang bisa kami sampaikan tentang Pengertian Tumbukan, Macam-Macam Jenis dan Contoh Soal Tumbukan Fisika Lengkap . Semoga postingan ini bermanfaat bagi pembaca