Pengertian, Ciri, Fungsi, Tujuan dan Sejarah Baitul Maal Wat Tamwil (BMT) Lengkap

Posted on

Pengertian, Ciri, Fungsi, Tujuan dan Sejarah Baitul Maal Wat Tamwil (BMT) Lengkap – Baitul Maal Wat Tamwil (BMT) atau Balai Usaha Mandiri Terpadu adalah lembaga keuangan mikro yang bersifat informal yang dioperasikan dengan prinsip bagi hasil, menumbuh kembangkan bisnis usaha mikro dan kecil, dalam rangka mengangkat derajat dan martabat serta membela kepentingan kaum fakir miskin.

Baitul Maal Wat Tamwil adalah suatu lembaga keuangan yang berpegang pada prinsip dakwah yang berpola syari’ah. Dalam BMT terdiri dari dua istilah yaitu baitul maal; yakni sebagai bidang usaha yang menangani dan menghimpun dana nonprofit seperti zakat, infaq, sedekah/shadaqah. Sedangkan baitul tamwil bergerak pada bidang bisnis profit untuk pengumpulan dan penyaluran dana yang berpegang pada prinsip dan pola syari’ah.

Ciri-Ciri Baitul Maal Wat Tamwil (BMT)

Ciri-ciri utama Baitul Maal Wat Tamwil (BMT), diantaranya yaitu:

Loading...
  • Berorientasi bisnis, mencari laba bersama, meningkatkan pemanfaatan ekonomi paling banyak untuk anggota dan masyarakat.
  • Bukan lembaga sosial, namun bermanfaat untuk mengefektifkan pengumpulan dan pentasyarufan dana zakat, infaq dan sedekah bagi kesejahteraan orang banyak.
  • Ditumbuhkan dari bawah berlandaskan peran serta masyarakat di sekitarnya.
  • Milik bersama masyarakat bawah, bersama dengan orang kaya disekitar BMT, bukan milik perseorangan atau orang dari luar masyarakat.

Sedangkan, ciri-ciri khusus Baitul Maal Wat Tamwil (BMT), diantaranya yaitu:

  • Staf dan karyawan BMT bertindak aktif-proaktif, tidak menunggu nmenjemput bola, bahkan merebut bola, baik untuk menghimpun dana anggota maupun untuk pembiayaan.
  • Kantor di buka dalam waktu tertentu yang ditetapkan sesuai kebutuhan pasar.
  • BMT mengadakan pendampingan usaha anggota.
  • Manajemen BMT adalah profesional islami:
  • Setiap tahun buku yang diterapkan maksimal hingga bulan maret berikutnya, BMT akan menyelenggarakan musyawarah anggota tahunan.
  • Aktif menjemput bola, berprakarsa, kreatif-inovatif, menemukan masalah dan memecahkannya secara bijak dan memberikan kemenangan kepada semua pihak (win-win solution).
  • Berpikir, bersikap dan bertindak “ahsanuamala” atau service exelence.
  • Berorientasi pada pasar bukan pada produk.

Visi dan Misi Baitul Maal Wat Tamwil (BMT)

Adapun visi dan misi baitul maal wat tanwil yaitu:

Visi BMT adalah mewujudkan kualitas masyarakat disekitar BMT yang selamat, damai dan sejahtera dengan mengembangkan usaha BMT yang maju berkembang, terpercaya, aman, nyaman, transparan dan berkehati-hatian. Sedangkan Misi BMT adalah mengembangkan BMT yang maju, berkembang, terpercaya, aman, nyaman, transfaran, dan berkehati-hatian sehingga terwujud kualitas masyarakat di sekitar BMT yang selamat, damai dan sejahtera.

Tujuan Baitul Maal Wat Tamwil (BMT)

Adapun tujuan baitul maal wat tanwil, diantaranya yaitu:

  • Sebagai lembaga resmi penyaluran zakat, infaq, sedekah karena telah bergabung dengan kemitraan BAZNAS untuk menerima dan menyalurkan dana ZIS.
  • Menggeser peranan rentenir dalam praktek ribawinya.
  • Menjadi Koperasi Syari’ah sebagai alternatif lembaga keuangan umat.
  • Menyelamatkan tabungan umat Islam khususnya dari ancama riba (bunga), sekaligus menghindarkan meraka dari perbuatan maksiat.
  • Penyedia jasa pembiayaan, investasi & konsumtif.
  • Sebagai lembaga pelaksana usaha simpan pinjam dan pembiayaan yang berbasis syari’ah.
  • Sebagai amil zakat yang mengelola serta menyalurkan ZISWAF (zakat, infaq, sedekah, wakaf).

Sifat Baitul Maal Wat Tamwil (BMT)

Baitul Maal Wat Tamwil (BMT) bersifat usaha bisnis, mandiri ditumbuhkembangkan secara swadaya dan dikelola secara profesional. Aspek Baitul Maal dikembangkan untuk kesejahteraan anggota terutama dengan penggalangan dana ZISWA (zakat, infaq, sedekah, wakaf) seiring dengan penguatan kelembagaan BMT.

Fungsi dan Peranan Baitul Maal Wat Tamwil (BMT)

Adapun Fungsi dan Peranan Baitul Maal Wat Tamwil (BMT), diantaranya yaitu:

  • Mengidentifikasi, memobilisasi, mengorganisir, mendorong dan mengembangkan potensi serta kemampuan potensi ekonomi anggota, kelompok anggota muamalat dan daerah kerjanya.
  • Meningkatkan kualitas SDI (Sumber Daya Insani) anggota menjadi lebih profesional dan islami sehingga semakin utuh dan tangguh dalam menghadapi persaingan global.
  • Menggalang dan memobilisir potensi masyarakat dalam rangka meningkatkan kesejahteraan anggota.
  • Menjadi perantara keuangan (Financial Intermediary) antara aghniya sebagai shohibul maal dengan duafa sebagai mudharib, terutama untuk dana-dana sosial seperti zakat, infaq, sedekah, wakaf dan hibah.

Asas dan Landasan Baitul Maal Wat Tamwil (BMT)

Baitul Maal Wat Tamwil berazaskan pancasila dan UUD 45 serta berlandaskan prinsip Syariah Islam, keimanan, keterpaduan (kaffah), kekeluargaan/koperasi, kebersamaan, kemandirian dan profesionalisme.

Dalam melaksanakan usahanya, BMT berpegang teguh pada prinsip utama, yakni Keimanan dan Ketaqwaan kepada Allah SWT, Keterpaduan, Kekeluargaan, Kebersamaan, Kemandirian, Profesionalisme dan Istiqomah.

Sejarah BMT di Indonesia

Sejarah BMT ada di Indonesia dimulai pada tahun 1984 dikembangkan mahasiswa ITB di Masjid Salman yang mencoba menggulirkan lembaga pembiayaan berdasarkan syari’ah bagi usaha kecil. Kemudian BMT lebih di berdayakan oleh ICMI sebagai suatu gerakan yang secara operasional ditindaklanjuti oleh Pusat Inkubasi Bisnis Usaha Kecil (PINBUK). BMT adalah lembaga keuangan mikro yang dioperasikan dengan prinsip bagi hasil (syari’ah), menumbuhkembangkan bisnis usaha mikro dan kecil dalam rangka mengangkat derajat dan martabat serta membela kepentingan kaum fakir miskin. Secara konseptual, BMT memiliki dua fungsi yaitu Baitul Tamwil (Bait = Rumah, at Tamwil = Pengembangan Harta) yaitu melakukan kegiatan pengembangan usaha produktif dan investasi dalam meningkatkan kualitas ekonomi pengusaha mikro dan kecil terutama dengan mendorong kegiatan menabung dan menunjang pembiayaan kegiatan ekonominya. Baitul Maal (Bait = Rumah, Maal = Harta) yaitu menerima titipan dana zakat, infaq dan shadaqah serta mengoptimalkan distribusinya sesuai dengan peraturan dan amanahnya.

Demikian artikel tentang “Pengertian, Ciri, Fungsi, Tujuan dan Sejarah Baitul Maal Wat Tamwil (BMT) Lengkap“, semoga bermanfaat.