Pengertian Laporan Keuangan Perusahaan Dagang : Jenis dan Contoh Laporan Keuangan Perusahaan Dagang

Posted on

Pengertian Laporan Keuangan Perusahaan Dagang – Apa yang dimaksud dengan laporan keuangan? Apa yang dimaksud laporan keuangan perusahaan dagang? Apa saja laporan keuangan perusahaan dagang? Laporan keuangan ada 6 apa aja? Apa perbedaan laporan keuangan perusahaan jasa dan perusahaan dagang?

Baca Juga : Pengertian Laporan Keuangan

Agar lebih memahaminya, kali ini kita membahas tentang pengertian laporan keuangan perusahaan dagang, jenis dan contoh laporan keuangan perusahaan secara lengkap.

Pengertian Perusahaan Dagang

Perusahaan dagang merupakan perusahaan dengan kegiatan utama membeli, menyimpan, dan menjual kembali persediaan barang dagang tanpa memberi nilai tambah. Nilai tambah yang dimaksud berupa pengolahan atau pengubahan bentuk atau sifat barang sedemikian rupa sehingga nilai jual barang menjadi tinggi.

Perusahaan dagang juga diartikan sebagai perusahaan dengan kegiatan usaha berupa menjual produk dari supplyer ke konsumen dengan/tanpa merubah baik bentuk, rasa atau kualitas dan mendapatkan keuntungan dari hasil selisih penjualan.

Perusahaan dagang mendapatkan pendapatan akan tetapi pendapatan yang diperoleh berasal dari transaksi jual beli barang. Aktivitas utama perusahaan dagang yaitu memperjual belikan barang dagang berupa bahan baku, bahan setengah jadi dan juga barang jadi. Selain itu, barang yang diperjual belikan berupa hasil pertanian, perkebunan, hutan dan barang hasil industri pengolahan atau manufaktur. Contoh perusahaan dagang diantaranya toko, showroom, dan swalayan.

Bagi perusahaan baik perusahaan dagang maupun jasa, menyusun laporan keuangan adalah salah satu rutinitas yang harus dilakukan untuk memperoleh gambaran informasi secara jelas yang terjadi di perusahaan. Laporan keuangan perusahaan dagang umumnya disusun pada akhir tahun periode akuntansi. Laporan keuangan perusahaan dagang akan memberikan informasi yang lengkap mengenai posisi keuangan perusahaan.

Baca Juga : Laporan Keuangan Perusahaan Jasa

Pengertian Laporan Keuangan Perusahaan Dagang

Laporan keuangan (financial statement) adalah suatu tahapan penyajian posisi keuangan dan kinerja keuangan suatu entitas secara terstruktur. Tujuan penyusunan laporan keuangan adalah untuk memberikan informasi tentang posisi dan kinerja keuangan juga arus kas entitas yang bermanfaat bagi pengguna laporan dalam membuat keputusan ekonomi. Jenis laporan keuangan diantaranya yaitu:

  • Laporan laba rugi dan penghasilan komprehensif lain (Statement of income and Other Comprehensive income)
  • Laporan perubahan ekuitas (Stetement of Change Equity)
  • Laporan posisi keuangan (Statement of Financial Position)
  • Laporan arus kas (Statemen of Cash flow)

Jenis dan Contoh Laporan Keuangan Perusahaan Dagang

Laporan Laba Rugi

Pengertian laporan laba rugi (income statement) adalah laporan yang mencerminkan aktivitas operasi perusahaan. Laporan laba rugi menyajikan rincian informasi mengenai penghasilan, beban, laba dan rugi perusahaan pada periode akuntansi tertentu.

Kelompok akun yang ada pada laporan laba rugi perusahaan dagang, antara lain:

Baca Juga : Pengertian Financial Distress

  • Pendapatan
  • Harga pokok penjualan
  • Beban operasional
  • Beban diluar operasional
  • Pendapatan diluar operasional
  • Pendapatan konferhensi lainnya

a. Penghasilan (income), yaitu bentuk arus masuk atau peningkatan asset, penurunan kewajiban, yang mengakibatkan kenaikan ekuitas/modal.

b. Beban (expenses), yaitu penurunan manfaat ekonomi selama suatu periode pelaporan dalam bentuk penurunan asset atau arus keluar, atau terjadinya liabilitas yang mengakibatkan penurunan ekuitas.

c. Pendapatan atau pendapatan komprehensif lain (other comprehensive income-OCI), yaitu total penghasilan dikurangi beban.

d. Harga pokok penjualan (HPP), yaitu biaya yang timbuk akibat memproduksi suatu barang dan dijual dalam kegiatan bisnis meliputi: biaya bahan baku, tenaga kerja langsung dan biaya overhead. Hpp secara sederhana adalah biaya penjualan.

Berikut komponen Harga Pokok Penjualan antara lain:

  • Persediaan awal barang dagang, yakni persediaan barang dagang yang tersedia sejak awal periode.
  • Persediaan akhir barang dagang, yakni persediaan yang tersedia di akhir periode.
  • Pembelian bersih, yaitu jumlah seluruh pembelian barang dagang baik secara tunai maupun kredit, ditambah dengan biaya angkut pembelian dan dikurangi dengan potongan pembelian atau retur pembelian yang terjadi oleh perusahaan dagang.

Laporan Perubahan Ekuitas

Laporan perubahan ekuitas (Statement Of Change Equitas) akan melaporkan perubahan masing-masing akun ekuitas pemegang saham dan total ekuitas pemegang saham selama suatu periode.

Baca Juga : Pengertian Rasio Keuangan

Laporan Posisi Keuangan

Laporan posisi keuangan (statement of financial position) atau disebut juga Neraca. Aktiva, kewajiban, dan ekuitas pemilik modal (saham) perusahaan bisnis pada suatu tanggal tertentu akan dilaporkan pada laporan neraca.

Berikut ini bentuk laporan posisi keuangan, diantaranya:

  • Bentuk rekening (account form), dalam bentuk ini aktiva dan pasiva akan sejajar (aktiva di sisi kiri dan pasiva di sisi kanan).
  • Bentuk laporan (report form), dalam bentuk ini aktiva dan pasiva disusun ke bawah (aktiva di atas dan pasiva di bawah).

Laporan Arus Kas

Laporan arus kas (statemen of cash flow) akan melaporkan aliran masuk dan keluar uang (kas) perusahaan dagang. Laporan arus kas yang melaporkan arus kas selama periode tertentu akan diklasifikasikan menurut aktivitas operasi, investasi dan pendanaan.

Arus Kas Dari Aktivitas Operasional (Cash Flows From Operating Activities)

Bagian pertama berisi informasi tentang aliran kas yang berhubungan dengan aktivitas operasional perusahaan. Contohnya kas yang diterima dari pelanggan dan pembayaran sejumlah kas untuk beban dan pembayaran pada kreditor.

Arus Kas Dari Aktivitas Investasi (Cash Flows From Investing Activities)

Bagian kedua akan memuat informasi tentang aliran kas baik masuk maupun keluar yang berkaitan dengan aktivitas investasi yang dilakukan perusahaan. Contohnya pembayaran kas untuk pembelian/penjualan aktiva tetap.

Baca Juga : Pengertian Transparansi Keuangan

Arus Kas Dari Aktivitas Pendanaan (Cash Flow From Financing Activities)

Bagian ketiga akan berisi informasi aliran kas baik masuk maupun keluar yang berkaitan dengan aktivitas pendanaan. Contohnya kas yang diterima sebagai investasi pemilik atau penarikan kas oleh pemilik.

Demikian artikel pembahasan tentang pengertian laporan keuangan perusahaan dagang, jenis dan contoh laporan keuangan perusahaan secara lengkap. Semoga bermanfaat