Pengertian Laporan Keuangan, Tujuan, Manfaat, Jenis dan Sifat Laporan Keuangan Terlengkap

Posted on

Pengertian Laporan Keuangan, Tujuan, Manfaat, Jenis dan Sifat Laporan Keuangan Terlengkap – Laporan keuangan adalah catatan informasi keuangan suatu perusahaan pada suatu periode akuntansi yang bisa digunakan untuk menggambarkan kinerja perusahaan tersebut.

Pada dasarnya, laporan keuangan adalah hasil dari proses akuntansi sebagai alat komunikasi antara data keuangan atau aktivitas perusahaan dengan data/aktivitas tersebut. Laporan keuangan sering disebut sebagai produk akhir dari proses akuntansi.

Laporan keuangan menggambarkan kondisi keuangan dari suatu perusahaan. Laporan tersebut berasal dari hasil kegiatan operasional perusahaan untuk memberiakan informasi keuangan yang mempunyai manfaat bagi entitas baik di dalam maupun diluar perusahaan.

Loading...

Pengertian Laporan Keuangan Menurut Para Ahli

Kasmir (2013:7)

Menurut Kasmir, laporan keuangan adalah laporan yang menunjukan kondisi keuangan perusahaan saat ini atau periode kedepannya.

Munawir (2010:5)

Menurut Munawir, laporan keuangan terdiri dari neraca dan perhitungan laba rugi serta laporan mengenai perubahan ekuitas. Neraca tersebut menunjukan jumlah aset, kewajiban dan ekuitas perusahaan pada tanggal tertentu.

Ikatan Akuntan Indonesia (2009:1)

Menurut Ikatan Akuntan Indonesia, Laporan keuangan terdiri dari proses laporan keuangan pada umumnya terdiri dari neraca, laporan laba rugi, laporan perubahan ekuitas, laporan posisi keuangan, catatan dan laporan lain serta materi akan penjelasan yang merupakan bagian integral dari laporan keuangan.

Harahap (2009:105)

Menurut Harahap, Laporan keuangan adalah penggambaran kondisi keuangan dan hasil usaha suatu perusahaan saat tertentu atau jangka waktu tertentu.

Gitman (2012:44)

Menurut Gitman, Laporan keuangan adalah Annual report that publicly owned corporations must provide to stockholders; it summarizes and documents the firms financial 2 activities during the past year.

Kieso et. All (2011:5)

Menurut Kieso et. All, Pengertian laporan keuangan adalah:
The financial statement most frequently provided are (1) the statement of financial statements position, (2) the income statement or statement of comrehensive income, (3) the statement of cash flows, and (4) the statement of changes in equity. Note disclosures are an integral part of each financial statement

Farid dan Susanto (2011:2)

Menurut Farid dan Susanto, laporan keuangan adalah informasi yang diharapkan mampu memberikan bantuan kepada pengguna untuk membuat keputusan ekonomi yang bersifat finansial.

Birgham dan Houston (2010)

Menurut Birgham dan Houston, Laporan keuangan adalah beberapa lembar kertas dengan angka-angka yang tertulis diatasnya, yang penting untuk memikirkan aset-aset nyata yang terdapat dibalik angka tersebut.

Raharjaputra (2011:194)

Menurut Raharjaputra, Laporan keuangan adalah alat yang penting untuk memperoleh informasi sehubungan dengan posisi keuangan dan hasil yang telah dicapai oleh perusahaan yang bersangkutan.

PSAK No. 1 (2015:1)

Menurut PSAK No. 1, Laporan keuangan adalah penyajian terstruktur dari posisi keuangan dan kinerja keuangan suatu entitas.

Tujuan Laporan Keuangan

Adapun tujuan laporan keuangan yaitu:

a. Informasi posisi laporan keuangan yang dihasilkan dari kinerja dan aset perusahaan sangat dibutuhkan oleh sejumlah pengguna laporan keuangan, baik sebagai bahan evaluasi maupun sebagai bahan perbandingan dalam melihat dampak keuangan yang bisa timbul dari suatu keputusan ekonomis yang diambil.

b. Informasi keuangan perusahaan diperlukan untuk menilai dan meramalkan apakah perusahaan dimasa sekarang dan pada masa yang akan datang mampu menghasilkan keuntungan baik sama ataupun lebih menguntungkan.

c. Informasi perubahan posisi keuangan berusahaan memberikan suatu manfaat dalam menilai aktivitas investasi atau pendanaan dan juga operasi perusahaan selama periode tertentu, selain sebagai penilaian kemampuan perusahaan atau laporan keuangan yang bertujuan dalam bahan pertimbangan suatu pengambilan keputusan.

Selain itu, ada pula beberapa pendapat tentang tujuan laporan keuangan menurut pada ahli, diantaranya:

Menurut PSAK No. 1 (2015:3), tujuan laporan keuangan yaitu: memberikan informasi mengenai posisi keuangan kinerja keuangan dan juga arus kas entitas yang bermanfaat bagi sebagian besar kalangan pengguna laporan dalam pembuatan keputusan ekonomi.

Menurut Ikatan Akuntan Indonesia (2009:3), tujuan laporan keuangan yaitu menyediakan informasi mengenai posisi keuangan, kinerja, serta perubahan posisi keuangan suatu perusahaan yang memiliki manfaat bagi sejumlah besar pemakai dalam pengambilan keputusan ekonomi.

Menurut Fahmi (2011:28), tujuan laporan keuangan yaitu memberikan informasi keuangan yang terdiri atas perubahan unsur-unsur laporan keuntungan kepada pihak berkepentingan dalam memberikan suatu penilaian kinerja keuangan terhadap perusahaan dan pihak manajemen perusahaan.

Manfaat Laporan Keuangan

Adapun manfaat laporan keuangan yaitu:

  • Untuk menyusun kebijakan yang lebih tepat
  • Untuk memperbaiki sistem yang sudah dijalankan
  • Untuk menyusun sistem pengawasan yang lebih baik
  • Dan lain sebagainya

Jenis-Jenis Laporan Keuangan

Adapun jenis-jenis laporan keuangan diantaranya:

Neraca
Neraca dalam Laporan Keuangan merupakan bagian laporan keuangan suatu perusahaan yang menghasilkan suatu periode akuntansi yang menunjukkan posisi keuangan pada perusahaan diakhir periode tersebut.

Laporan Laba Rugi
Laporan laba rugi ini berarti berhubungan dengan hubungan antara penghasilan dan beban dari entitas. Laba sering didefinisikan sebagai ukuran kinerja atau sebagai dasar dalam pengukuran lain, misalnya mengukur tingkat pengembalian investasi atau suatu labar per saham.

Laporan Perubahan Ekuitas
Laporan perubahan ekuitas adalah laporan yang timbul atas transaksi dengan pemilik yang juga termasuk jumlah investasi, perhitungan deviden dan distribusi lain ke pemilik ekuitas selama suatu periode.

Laporan Arus Kas
Laporan arus kas yaitu laporan yang menyajikan suatu bentuk informasi perubahan historis atas kas yang setara kas entitas yang menunjukkan secara terpisah suatu perubahan yang terjadi dalam satu periode dari aktivitas operasi, investasi dan juga mengenai pendanaan.

Catatan Laporan Keuangan
Catatan Laporan keuangan berisi suatu rangkuman kebijakan akuntansi yang begitu signifikan dan informasi penjelasan lainnya.

Sifat Laporan Keuangan

Menurut Ikatan Akuntan Indonesia (2009:5), sifat/karakteristik laporan keuangan yaitu:

  • Dapat Dipahami
  • Relevan
  • Keandalan
  • Dapat Diperbanding

Demikian artikel tentang”Pengertian Laporan Keuangan, Tujuan, Manfaat, Jenis dan Sifat Laporan Keuangan Terlengkap“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya.