Pengertian Switch, Fungsi, Jenis dan Cara Kerja Switch Lengkap

Posted on

Pengertian Switch, Fungsi, Jenis dan Cara Kerja Switch Lengkap – Switch atau Pengalihan Jaringan adalah suatu alat jaringan yang melakukan penjembatan tak tampak (penghubung penyekat (segmentation) banyak jaringan dengan pengalihan berdasarkan alamat MAC).

Switch jaringan bisa digunakan sebagai penghubung komputer atau penghala pada satu area yang terbatas, pengalih juga bekerja pada lapisan taut data (data link), cara kerja pengalih hampir sama seperti jembatan (bridge), akan tetapi switch memiliki sejumlah porta sehingga sering dinamakan jembatan pancaporta (multi-port bridge).

Fungsi Switch

Fungsi Switch yaitu sebagai manajemen lalu lintas yang terdapat pada suatu jaringan komputer, switch bertugas mengirimkan suatu paket data untuk sampai ke tujuan dengan perangkat yang tepat. Switch ini juga bertugas mencari jalur yang paling baik dan optimal serta memastikan pengiriman paket data yang efisien tujuannya.

Macam-Macam Jenis Switch

Switch terbagi menjadi 2(dua) macam yaitu berdasarkan OSI (Open System Interconnection) dimana terdapat switch layer dua dan layer tiga.

Switch layer 2, yaitu switch yang beroperasi Data link layer ada pada lapisan model OSI, dimana switch bisa meneruskan paket dengan melihat MAC address tujuan, switch juga bisa melakukan fungsi bridge antara segmen-segmen LAN (Local Area Network) sebab switch mengirimkan paket-paket data dengan cara melihat alamat yang akan ditujunya tanpa mengetahui protokol jaringan yang dipakai.

Switch Layer 3, yaitu switch yang berada pada Network layer yang ada pada lapisan model OSI, dimana switch bisa meneruskan paket data menggunakan IP address. Switch layer 3 (tiga) sering disebut juga dengan switch routing ataupun switch multilayer.

Berikut beberapa tipe atau jenis Switch, diantaranya yaitu:

ATM Switch
Asynchronous Transfer Mode adalah mode transfer yang disusun dalam bentuk sel-sel. Maksud asinkronus yaitu pengulangan sel yang mengandung informasi dari pengguna tidak perlu periodik.

ISDN switch
ISDN (Integrated Services Digital Network) Switch atau Frame relay switch over ISDN ini biasanya terdapat pada Service Provider bekerja seperti halnya switch, namun memiliki perbedaan yaitu interface yang digunakan berupa ISDN card atau ISDN router.

DSLAM Switch
A Digital Subscriber Line Access Multiplexer (DSLAM, dibaca dee-lam) memungkinkan telepon garis untuk membuat koneksi cepat ke Internet. Digital Subscriber Line Access Multiplexer ini merupakan perangkat jaringan, yang terletak di bursa telepon dari penyedia layanan, yang menghubungkan beberapa pelanggan Digital Subscriber Lines (DSLs) dengan kecepatan tinggi backbone Internet line menggunakan multiplexing teknik. Dengan menempatkan DSLAMs terpencil di lokasi terpencil dengan sentral telepon , perusahaa telepon menyediakan layanan DSL ke lokasi sebelumnya di luar jangkauan efektif.

Ethernet Switch
Switch Ethernet adalah LAN interkoneksi perangkat yang beroperasi pada lapisan data-link (lapisan 2) dari model referensi OSI, saklar pada dasarnya mirip dengan jembatan, namun biasanya mendukung jumlah yang lebih besar dari segmen LAN terhubung dan memiliki kemampuan manajemen yang lebih kaya. LAN modern semakin diganti media bersama media diaktifkan, dengan menginstal switch Ethernet dan jembatan di tempat hub dan repeater. Partisi logis ini lalu lintas ke perjalanan hanya selama segmen jaringan di jalur antara sumber dan tujuan. Hal ini mengurangi bandwidth yang terbuang dari hasil dari mengirim paket ke bagian jaringan yang tidak perlu menerima data. Terdapat manfaat dari pengamanan ditingkatkan (pengguna kurang mampu tap-in ke’s data pengguna lain), manajemen yang lebih baik (kemampuan untuk mengontrol siapa yang menerima informasi apa (yaitu Virtual LAN) dan untuk membatasi dampak dari masalah jaringan), dan kemampuan untuk mengoperasikan beberapa link di full duplex (duplex lebih dari setengah diperlukan untuk mengakses bersama-sama).

Cara Kerja Switch

Switch merupakan hardware (perangkat keras) jaringan komputer yang sama dengan HUB, perbedaanya switch ini lebih pintar meskipun harganya agak lebih mahal dari HUB. Cara kerja switch yaitu dengan cara menerima paket data pada suatu port lalu akan melihat MAC (Media Access Control) tujuannya dan juga membangun sebuah koneksi logika dengan port yang sudah terhubung dengan node ataupun perangkat tujuan, sehingga selain port yang dituju tidak bisa menerima paket data yang dikirimkan dan akan mengurangi terjadinya tabrakan data atau disebut juga collision. Setiap perangkat yang terhubung ke port tertentu, MAC addressnya dan akan dicatat di MAC address table yang nantinya akan disimpan pada memori chache switch.

Demikian artikel yang diberikan tentang Pengertian Switch, Fungsi, Jenis dan Cara Kerja Switch Lengkap  semoga bermanfaat  dan dapat menambah ilmu pengetahuan anda.