Pengertian Laring, Fungsi, Struktur dan Bagian Bagian Laring Terlengkap

Posted on

Pengertian Laring, Fungsi, Struktur dan Bagian Bagian Laring Terlengkap – Laring atau kotak suara (voicebox) merupakan organ pada bagian leher yang melindungi trakea dan merupakan organ yang terlibat dalan proses produksi suara. Laring termasuk salah satu organ yang berperan dalam sistem pernapasan manusia. Letak laring berada sebelum trakea.

Fungsi laring dalam sistem pernapasan yaitu untuk melindungi organ setelahnya dan mengatur masuknya udara ke trakea. Karena trakea menempel dengan esofagus yaitu salah satu organ sistem pencernaan, maka bisa dikatakan laring juga berperan dalam menjaga keamanan sistem pencernaan.

Loading...

Fungsi Laring

Adapun fungsi laring yaitu:

Melindungi Saluran Pernapasan dari Makanan
Laring terletak sebelum trakea. Epiglotis yang terletak di bagian pangkal laring berfungsi untuk melindungi makanan dan air masuk ke saluran pernapasan. Epiglotis ini akan menutup trakea sehingga saat kita makan saluran pernapasan tetap aman.

Mengarahkan Makanan ke Esofagus
Saat makan, epiglotis dari laring akan membuka esofagus untuk mengarahkan makanan dan air menuju saluran pencernaan, tidak ke saluran pencernaa. Saat makan berbicara, akan ada makanan atau air yang masuk ke saluran pernapasan dan hal tersebutlah yang menyebabkan terjadinya refleks batuk maupun bersin.

Menghasilkan Nada Suara
Tulang laring yang melebar membentuk pita suara, tersusun atas ligamen atau otot rangka. Suara yang keluar akan bergantung pada pembukaan laring. Getaran dari jalinan otot dan ligamen terbentuk dari gesekan dengan udara yang masuk. Karena itu, laring berperan dalam mengatur nada suara.

Struktur dan Bagian Bagian Laring

Berikut struktur dan bagian bagian laring :

Jaringan Epitel
Ada beberapa jaringan epitel yang menyusun laring, tapi sebagian besar laring tersusun oleh epitel silindris bersilia. Sedangkan epiglotis tersusun atas epitel pipih.

Jaringan Ikat
Jenis jaringan ikat yang menyusun laring, diantaranya:

a. Lamina Propria
Ini merupakan bagian membran basal pada lapisan epitel yang berfungsi untuk menghubungkan lapisan epidermis dan jaringan lainnya. Di dalam lamina propria terdapat tulang rawan laringeal yang akan mengapur seiring pertambahan usia.

b. Ligamen
Ligamen adalah kelompok jaringan ikat padat yang menghubungkan otot dengan tulang. Berkas ligamen membentuk pita suara yang menghasilkan nada bunyi.

Tulang Rawan (Kartilago)
Umumnya jenis tulang rawan yang menyusun laring yaitu tulang rawan hiali. Tulang rawan berfungsi sebagai penyokong struktural dan fungsional laring. Adapun tulang rawan penyusun laring, diantaranya yaitu:

  • Tulang rawan besar yang tidak berpasangan, diantaranya seperti Cricoid; Thyroid; Epiglottis
  • Tulang rawan kecil yag berpasangan, diantaranya seperti Arytenoids; Corniculate; Cuneiform

Jaringan Otot
Bersama ligamen, otot merupakan penyusun pita suara. Jenis otot yang menyusun laring yaitu otot rangka atau otot lurik. Getaran untuk memproduksi suara merupakan hasil gesekan pita suara dengan otot dan ligamen dengan udara yang masuk.

Jakun
Jakun adalah kelenjar tiroid yang menonjol pada leher pria. Pada wanita sebenarnya juga ada penonjolan tersebut, namun tidak begitu besar. Jakun terletak pada tulang rawan thyroid yang merupakan tempat pertemuan 2 kartilago hyalin.

Epiglotis
Epiglotis adalah susunan tulang rawan yang terletak di belakang lidah dan didepan laring. Epiglotis biasanya memiliki konformasi menghadap atas agar udara bisa masuk ke dalam jalur pernapasan selanjutnya. Jika terjadi proses menelan makanan, epiglotis akan menghadap ke bawah untuk menutup jalur pernapasan dan membawa makanan menuju esofagus.

Demikian penjelasan yang bisa kami sampaikan tentangĀ Pengertian Laring, Fungsi, Struktur dan Bagian Bagian Laring Terlengkap . Semoga postingan ini bermanfaat.