Pengertian Angkatan Kerja dan Jenis-Jenis Angkatan Kerja Menurut Para Ahli Lengkap

Posted on

Pengertian Angkatan Kerja dan Jenis-Jenis Angkatan Kerja Menurut Para Ahli Lengkap – Angkatan kerja adalah kelompok kerja dalam suatu pekerjaan. Umumnya, angkatan kerja digunakan untuk menggambarkan orang-orang yang bekerja untuk satu perusahaan atau industri, namun juga diterapkan pada wilayah geografis seperti kota, negara bagian, negara, dan lain sebagainya.

Secara umum, pengertian angkatan kerja adalah penduduk yang berusia 15 tahun keatas yang secara aktif melakukan suatu kegiatan ekonomi. Labor Force atau Angkatan kerja adalah bagian dari tenaga kerja yang pada dasarnya terlibat maupun berusaha untuk terlibat dalam suatu kegiatan produksi barang dan jasa. Angkatan kerja merupakan penduduk yang dalam setiap kegiatan utamanya dalam seminggu yang lalu bekerja (K) dan penduduk yang sedang dalam mencari pekerjaan (MP).

Angkatan kerja yang berada dalam kategori bekerja saat terdapat minimum bekerja selama 1 jam dalam seminggu untuk kegiatan produktif sebelum dilakukan pencacahan.

Ada 2 (dua) faktor yang mempengaruhi pertumbuhan angkatan kerja yaitu struktur umur penduduk dan juga tingkat partisipasi angkatan kerja. Jumlah angkatan kerja yang terdapat dalam suatu negara ataupun daerah di waktu tertentu tergantung pada jumlah penduduk usia kerja yang dibandingkan dengan angkatan kerja dan penduduk yang berada dalam usia kerja yang biasa disebut dengan Tingkat Partisipasi Angkatan Kerja (TPAK).

Menurut BPS (2009), angkatan kerja digolongkan menjadi 2 yaitu:

a. Angkatan Kerja yang di golongkan bekerja, yaitu angkatan kerja yang memiliki ciri-ciri:

  • Dalam seminggu sebelum adanya perhitungan melakukan pekerjaan dalam memperoleh atau membantu untuk mendapatkan penghasilan atau bisa diartikan keuntungan yang lamanya berkisar satu jam dalam seminggu yang lalu.
  • Mereka yang seminggu sebelum pencacahan tidak melakukan pekerjaan atau bekerja kurang dari satu jam. Dalam hal ini seperti pekerjaan tetap, pegawai pemerintah/swasta yang saling tidak masuk kerja karena adanya cuti, sakit, mogok, mangkir atau juga perusahaan menghentikan kegiatannya selama sementara; Petani yang mengusahakan tanah pertanian yang tidak bekerja karena menunggu hujan yang kemudian dilanjutkan untuk menggarap sawah; Orang yang bekerja dalam bidang atau keahlian tertentu. Contohnya dokter, dalang dan lain sebagainya.

b. Angkatan Kerja yang digolongkan menganggur dan sedang mencari pekerjaan, yaitu angkatan kerja dengan ciri-ciri:

  • Belum pernah bekerja, tapi sedang dalam proses atau usaha dalam mencari pekerjaan.
  • Sedang bekerja, namun pada pencacahan menganggur dan berusaha dalam mendapatkan pekerjaan.
    Mereka yang dibebas tugaskan dan sedang berusaha dalam mendapatkan pekerjaan.

Pengertian Angkatan Kerja Menurut Para Ahli

Sumarsono (2009)

Menurut Sumarsono, pengertian angkatan kerja (labor force) adalah bagian penduduk yang mampu dan bersedia melakukan pekerjaan. Dalam hal ini pengertian angkatan kerja “mampu” berarti mampu secara fisik, jasmani, kemampuan mental dan juga secara yuridis mampu serta tidak kehilangan kebebasan untuk memilih dan juga melakukan pekerjaan yang dilakukan serta bersedia secara aktif maupun juga pasif dalam melakukan dan mencari pekerjaan.

BPS (2010)

Menurut BPS (2010), Angkatan Kerja adalah penduduk usia kerja yang bekerja atau sedang mencari pekerjaan. Pendekatan mencakup angkatan kerja yang secara aktif bekerja ataupun sedang mencari pekerjaan yang mana dalam kedua aktivitas tersebut berada dalam jangka waktu tertentu dengan demikian dalam pendekatan ini mampu membedakan angkatan kerja yang menjadi dua kelompok bekerja dan sedang mencari pekerjaan.

Jenis-Jenis Angkatan Kerja

Angkatan kerja dibedakan ke dalam 2jenis kelompok, yaitu

Jenis Angkatan Kerja Berdasarkan Kerjanya

Bekerja Penuh
Ini merupakan angkatan kerja yang memanfaakan jam kerja secara penuh dalam pekerjaannya kurang lebih 8-10 jam per hari. Angkatan kerja yang digolongkan bekerja adalah mereka yang selama seminggu melakukan pekerjaan dengan maksud dalam mendapatkan penghasilan dari keuntungan dan lamanya bekerja yang terhitung sedikitnya 2 hari dan mereka yang selama seminggu tersebut tidak melakukan pekerjaan atau bekerja kurang dari dua hari, namunmereka adalah orang yang bekerja dibidang keahliannya misalnya dokter serta pegawai pemerintahan ataupun swasta yang sedang tidak masuk kerja dikarekan memiliki masalah seperti sakit, cuti, mogok dan juga sebagainya.

Setengah Menganggur
Angkatan kerja setengah menganggur adalah pekerja yang memanfaatkan waktu kerja yang kurang yang bisa ditinjau dari segi jam kerja, produktivitas kerja dan juga pendapatan. Setengah menganggur bisa digolongkan sesuai dengan jumlah jam kerja, produktivitas kerja dan pendapatan dalam 2 kelompok yaitu setengah menganggur kentara, yaitu mereka yang bekerja kurang lebih dari 35 jam seminggu dan setengah menganggur tidak kentara, yaitu mereka yang tidak produktif kerja dan memiliki pendapatan yang rendah.

Pengangguran (Unemployment)

Pengangguran adalah keadaan dimana seseorang digolongkan sebagai kategori angkatan kerja tapi mereka tidak memiliki pekerjaan dan sedang mencari pekerjaan. Terdapat 6 jenis pengangguran, diantaranya yaitu:

Pengangguran Friksional
Pengertian pengangguran friksional adalah pengangguran yang terjadi karena kesulitan temporer dalam mempertemukan pencari kerja dan lowongan kerja yang ada.

Pengangguran Musiman
Pengertian pengangguran musiman adalah keadaan menganggur yang terjadi karena pergantian musim. Contohnya: petani

Pengangguran Siklikal
Pengertian pengangguran siklikal adalah pengangguran yang terjadi akibat dari naik turunnya siklus dalam ekonomi yang mengakibatkan terjadinya permintaan tenaga kerja yang lebih rendah dibandingkan dari penawaran tenaga kerja.

Pengangguran Struktural
Pengertian pengangguran struktural adalah pengangguran yang diakibatkan adanya perubahan dalam struktur atau komposisi perekonomian. Contohnya seperti adanya pergeseran ekonomi yang dominan agrari menjadi ekonomi yang dominan industri.

Pengangguran Teknologi
Pengertian pengangguran teknologi adalah pengangguran yang digunakan dalam proses produksi selalu berubah. Laju perubahan tersebut semakin hari semakin cepat.

Pengangguran Karena Kurangnya Permintaan Agregat
Pengangguran ini terjadi karena adanya permintaan total masyarakat yang didasarkan pada kegiatan investasi.

Demikian penjelasan tentang Pengertian Angkatan Kerja dan Jenis-Jenis Angkatan Kerja Menurut Para Ahli Lengkap , semoga bermanfaat dan sampai jumpa pada postingan selanjutnya.