Pengertian Surat Sosial, Format Penulisan, Macam Jenis dan Contoh Surat Sosial Lengkap

Posted on

Pengertian Surat Sosial, Format Penulisan, Macam Jenis dan Contoh Surat Sosial Lengkap – Surat sosial adalah surat yang dibuat oleh seseorang atau perusahaan untuk mempererat suatu hubungan. Hubungan yang dimaksud dapat berupa hubungan kerjasama atau hubungan kekeluargaan.

Pengertian surat sosial adalah surat yang dibuat oleh individu, perusahaan maupun kelompok untuk kepentingan mempererat hubungan kerjasama maupun hubungan kekeluargaan. Secara umum surat sosial terbagi dalam dua ruang lingkup yaitu dalam lingkup hubungan masyarakat dan lingkup hubungan bisnis.

Contoh surat sosial diantaranya yaitu surat ucapan terimakasih, surat undangan, surat permintaan maaf, surat ucapan belasungkawa, surat undangan rapat, surat permohonan bantuan, surat undangan ulang tahun dan lain sebagainya.

Loading...

Biasanya surat sosial ditujukan kepada kolega ataupun pelanggan. Surat sosial sendiri tidak ada bedanya dengan surat pada umumnya, yang membedakan hanyalah isi dan tujuan surat tersebut.

Format Penulisan Surat Sosial

Hal-hal yang perlu diperhatikan saat membuat surat sosial, yaitu:

  • Nama Penerima (Harus jelas, jelas kedudukannya, jelas gelarnya dan jelas sapaannya)
  • Perihal Surat
  • Penerima Surat
  • Isi Surat (Harus menggunakan kalimat yang jelas, sopan dan bahasa baku)
  • Legalitas surat (Berupa Kop Surat, Tanda tangan pejabat berwenang ataupun stempel perusahaan)

Macam-Macam Surat Sosial

Jenis-jenis surat sosial dibedakan berdasarkan penempatannya, diantaranya surat sosial dalam aktivitas bisnis dan surat sosial dalam lingkup masyarakat umum.

Surat Sosial Dalam Aktivitas Bisnis

Surat sosial dalam aktivitas bisnis adalah surat yang dibuat terkait aktivitas bisnis atau kedinasan dengan tujuan untuk membangun citra nama baik antar sesama partner. Contohnya surat ucapan terima kasih, surat permohonan maaf, dan surat ucapan belasungkawa.

Surat Sosial dalam Lingkup Masyarakat Umum

Surat Sosial dalam Lingkup Masyarakat Umum atau Luas adalah surat yang dibuat oleh lembaga sosial diperuntukkan kepada seseorang, organisasi, atau instansi tertentu.

Biasanya surat sosial dalam lingkup masyarakat umum bertujuan untuk mendapatkan harapan sesuai isi surat yang dimaksud, seperti permintaan sumbangan, atau permintaan kerja bakti kepada warga. Contoh surat sosial dalam masyarakat umum antara lain surat undangan rapat, surat permohonan bantuan, surat undangan ulang tahun, dan lain-lain.

Contoh Surat Sosial

Contoh Surat Sosial Dalam Aktivitas Bisnis:

BANK ESA
Jalan Jendral Sudirman No 225, Lampung
===============================================================================

Lampung, 22 September 2018

Nomor : R00020/BDI-DIP/0922

Dengan hormat,

Perihal: Permohonan Maaf

Bank Esa mohon maaf atas ketidaknyamanan nasabah yang mungkin timbul berkaitan dengan pemberitaan di sejumlah media. Kami sampaikan bahwa pemberitaan media tentang isu pemecatan karyawan karena melaksanakan ibadah tidaklah benar.

Bank Esa menghargai hak setiap karyawan dalam menjalankan kegiatan keagamaannya tanpa diskriminasi sesuai dengan aturan yang berlaku di perusahaan.

Kami sangat menyayangkan terjadinya kesalahpahaman antar karyawan dan semua masalah yang terjadi telah diselesaikan dengan baik dan secara kekeluargaan.

Demikian, semoga tidak terjadi lagi kesalahpahaman yang meresahkan di masyarakat terkait permasalahan tersebut. Terima kasih atas perhatiannya dan dimuatnya surat ini.

PT Bank Esa, Tbk.
Kantor Wilayah Lampung

Ridho Darmawan
Regional Head Officer

Contoh Surat Sosial Dalam Lingkup Masyarakat:

PEMERINTAH PROVINSI LAMPUNG
Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung
Jl. Drs. Warsito No.72, Sumur Putri, Tlk. Betung Utara, Kota Bandar Lampung, Lampung 35215
===============================================================================

Lampung, 22 September 2018

Nomor : 192/disdik/III/2018
Lampiran : –
Perihal : Pengumuman

Kepada
Yth. Bapak/Ibu Kepala Sekolah
Di tempat

Dengan hormat,

Bersama ini kami sampaikan bahwa guna menambah pengetahuan, wawasan, dan pengalaman yang berkaitan dengan manajemen sekolah, kami akan melaksanakan kegiatan pelatihan dan pemantapan struktur serta implementasi tata kelola sekolah yang benar dan tepat.

Melalui pelatihan ini, kami harapkan nantinya, Bapak/Ibu Kepala Sekolah dapat lebih baik lagi dalam pengelolaan dan manajemen mutu pengurus di masing-masing sekolah yang Bapak/Ibu pimpin.

Oleh karena itu, mohon dipersiapkan kesanggupannya untuk mengikuti kegiatan pelatihan tersebut. Adapun kegiatan ini akan dilaksanakan pada:

Hari, tanggal : Sabtu-Minggu, 29-30 September 2018
Waktu : Pukul 09.00 WIB s/d selesai

Tempat : Aula Serbaguna Dinas Pendidikan Provinsi Lampung Jl. Drs. Warsito No.72, Sumur Putri, Tlk. Betung Utara, Kota Bandar Lampung, Lampung

Susunan Acara :
a. Registrasi Peserta
b. Pengarahan dari panitia
c. Pemberian modul
d. Pemantapan dan Presentasi

Demikian surat pemberitahuan ini kami sampaikan, atas perhatian dan kehadirannya kami ucapkan terima kasih.

Dinas Pendidikan Provinsi Lampung
Kepala

Drs.Sulpakar, MM

Demikian artikel tentang “Pengertian Surat Sosial, Format Penulisan, Macam Jenis dan Contoh Surat Sosial Lengkap“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya.