Pengertian Verba Pewarta dan Contoh Verba Pewarta Beserta Kalimatnya Lengkap

Posted on

Pengertian Verba Pewarta dan Contoh Verba Pewarta Beserta Kalimatnya Lengkap – Verba adalah kelas kata yang digunakan untuk menyatakan suatu tindakan, pengalaman, keberadaan, atau pengertian lain yang bersifat dinamis. Biasanya, jenis kata ini berperan sebagai predikat dalam suatu frasa atau kalimat. Menurut KBBI, verba adalah kata yang menggambarkan proses, perbuatan, atau keadaan (kata kerja). Salah satu jenis verba adalah verba pewarta.

Pengertian Verba Pewarta

Verba pewarta adalah kata yang digunakan untuk mengindikasikan suatu percakapan. Verba pewarta ini merupakan salah satu ciri kebahasaan yang ada pada teks berita.

Pengertian Verba Pewarta adalah kata yang dipergunakan untuk mengindikasikan suatu percakapan. Verba pewarta merupakan salah satu ciri kaidah kebahasaan teks berita, karena di dalam teks berita terdapat keterangan, verba pewarta dan verba transitif sebagai ciri kaidah kebahasaan nya.

Loading...

Contoh verba pewarta adalah kata yang memiliki sifat mewartakan, contoh katanya seperti mengatakan, memaparkan, menjelaskan, memberitakan, mengklarifikasi, menuturkan, menyampaikan dan sejenisnya. Intinya sifat dari kata kerja ini yaitu memberitahu kepada orang lain, umumnya masyarakat luas.

Contoh Verba Pewarta

Berikut beberapa contoh verba pewarta:

Kata: Mengatakan
Kalimat: Dalam pidatonya, Presiden Jokowi mengatakan, sertifikat hak atas tanah menjadi bukti tertulis yang mendapatkan pengakuan hukum, sesuai dengan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1960 tentang Pokok-Pokok Agraria.

Kata: Mengklarifikasi
Kalimat: Habib Rizieq mengklarifikasi mengenai peristiwa pemeriksaan terkait poster yang ditempel di rumah tinggalnya di Makkah, Saudi Arabia. Di akhir penuturannya, Habib Rizieq menyelipkan pesan untuk Presiden Joko Widodo.

Kata: Menyampaikan
Kalimat: Dedi menyampaikan, warga negara yang menyampaikan pendapat di muka umum berkewajiban dan bertanggung jawab untuk menghormati hak orang lain; aturan moral yang; menaati hukum; menjaga dan menghormati keamanan; menjaga keutuhan persatuan dan kesatuan bangsa seperti diatur dalam Pasal 6 Undang-Undang No. 9 Tahun 1998 tentang Kemerdekaan Menyampaikan Pendapat di Muka Umum.

Kata: Memberitakan
Kalimat: Media di Italia ramai-ramai memberitakan bahwa Alexandre Pato bisa kembali ke AC Milan pada bursa transfer musim dingin Januari nanti.

Kata: Menjelaskan
Kalimat: M Taufik Hidayat, Ketua Komunitas Surabaya Membara menjelaskan, kejadian kecelakaan penonton di atas viaduk yang tertabrak kereta api di luar kendali pihaknya.

Kata: Memaparkan
Kalimat: Ditemui di tempat yang sama, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita memaparkan akan membebaskan distributor yang tidak terafiliasi dengan produksi yang saat ini baru 67% akan menjadi 100% alias dikeluarkan dari list DNI.

Kata: Menuturkan
Kalimat: Kepala Instalasi Kedokteran Forensik Pusdokkes Polri Kombespol Edi Purnomo menuturkan hingga saat ini telah ada 44 keluarga yang mengambil dokumen kematian. Tujuh keluarga korban lain mengambil malam ini.

Demikian artikel  tentang Pengertian Verba Pewarta dan Contoh Verba Pewarta Beserta Kalimatnya Lengkap  semoga bermanfaat dan dapat menambah ilmu pengetahuan anda. Sampai jumpa di postingan selanjutnya.