Pengertian Strategi Pembelajaran, Tujuan dan Macam Jenis Strategi Pembelajaran Menurut Para Ahli Lengkap

Posted on

Pengertian Strategi Pembelajaran, Tujuan dan Macam Jenis Strategi Pembelajaran Menurut Para Ahli Lengkap – Istilah strategi berasal dari bahasa latin yaitu strategia yang berarti seni penggunaan rencana dalam mencapai suatu tujuan. Awalnya, istilah tersebut banyak digunakan dalam dunis militer namun kini istilah ini banyak digunakan di berbagai bidang termasuk pembelajaran.

Strategi pembelajaran adalah suatu perencanaan yang berisi rangkaian kegiatan yang didesain dalam suatu tindakan (rangkaian kegiatan) yang didesain untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Strategi pembelajaran merupakan suatu rencana, metode dan perangkat kegiatan yang direncakan untuk mencapai tujuan pembelajaran.

Strategi pembelajaran juga dapat diartikan sebagai rencana tindakan atau rangkaian kegiatan yang dalam penggunaan metode dan pemanfaatan akan keseluruhan sumber daya atau kekuatan demi adanya pembelajaran yang disusun untuk mencapai tujuan tertentu.

Loading...

Pengertian Strategi Pembelajaran Menurut Para Ahli

Kemp

Menurut Kemp, Strategi Pembelajaran adalah suatu kegiatan pembelajaran yang harus dikerjakan guru dan siswa agar tujuan pembelajaran bisa dicapai secara efektif dan efisien.

Dick dan Carey (1985)

Menurut Dick dan Carey, Strategi Pembelajaran adalah suatu set materi dan prosedur pembelajaran yang digunakan secara bersama-sama untuk menimbulkan hasil belajar pada siswa.

Reigeluth, Bunderson dan Meril (1977)

Menurut Reigeluth, Bunderson dan Meril, strategi mengorganisasikan isi pelajaran disebut sebagai struktural strategi, yang mengacu pada cara untuk membuat urutan dan mensistesi fakta, konsep, prosedur dan prinsip yang berkaitan.

Frelberg dan Driscoll (1992)

Menurut Frelberg dan Driscoll, Strategi Pembelajaran adalah untuk mencapai berbagai tujuan dalam memberi materi pelajaran pada berbagai tingkatan, untuk siswa yang berbeda dalam konteks yang berbeda pula.

Gerlach dan Ely (1980)

Menurut Gerlach dan Ely, Strategi Pembelajaran adalah ara yang dipilih untuk menyampaikan materi pelajaran dalam lingkungan pembelajaran tertentu yang terdiri atas sifat, lingkup, dan urutan kegiatan yang dapat memberikan pengalaman belajar kepada siswa.

Fungsi dan Tujuan Strategi Pembelajaran

Adapun fungsi dan tujuan strategi pembelajaran yaitu:

  • Menyampaikan isi pembelajaran kepada pembelajar
  • Menyediakan informasi atau bahan-bahan yang diperlukan belajar untuk menampilkan unjuk kerja.

Jenis-Jenis Strategi Pembelajaran

Terdapat beberapa klasifikasi macam-macam jenis strategi pembelajaran, diantaranya yaitu:

Strategi Pembelajaran Langsung (Direct Instruction)

Ini merupakan jenis strategi pembelajaran dengan kadar berpusat pada guru paling tinggi, namun strategi ini paling sering digunakan. Contoh strategi pembelajaran langsung diantaranya seperti metode ceramah, pertanyaan dedaktik, pengajaran eksplisit dan latihan, serta demonstrasi.

Strategi Pembelajaran Tidak Langsung (Indirect Instruction)

Ini merupakan jenis strategi pembelajaran yang memperlihatkan adanya bentuk keterlibatan siswa yang paling tinggi karena guru hanya berperansebagai penyelidikan, penggambaran inferensi data, dan pembentukan hipotesis.

Strategi Pembelajaran Interaktif (Interactive Instruction)

Jenis strategi pembelajaran interaktif merujuk pada bentuk diskusi dan saling berbagai di antara siswa.

Strategi Pembelajaran Melalui Pengalaman

Strategi belajar melalui pengalaman merupakan strategi pembelajaran menggunakan sekuens induktif yang berpusat pada siswa dan juga berorientasi pada suatu aktivitas.

Strategi Pembelajaran Mandiri

Belajar mandiri merupakan jenis strategi pembelajaran yang bertujuan untuk membangun adanya inisiatif individu, kemandirian dan juga peningkatan diri.

Demikian artikel pembahasan tentang “Pengertian Strategi Pembelajaran, Tujuan dan Macam Jenis Strategi Pembelajaran Menurut Para Ahli Lengkap“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya.