Pengertian Flowchart, Tujuan, Jenis dan Simbol Flowchart (Diagram Alir) Lengkap

Posted on

Pengertian Flowchart, Tujuan, Jenis dan Simbol Flowchart (Diagram Alir) Lengkap – Flowchart atau diagram alir adalah suatu jenis diagram yang mewakili algoritme, alir kerja atau proses, yang menampilkan langkah-langkah dalam bentuk simbol-simbol grafis, dan urutannya dihubungkan dengan panah. Diagram ini mewakili ilustrasi atau penggambaran penyelesaian masalah. Diagram alir digunakan untuk menganalisa, mendesain, mendokumentasi atau memanajemen suatu proses atau program di berbagai bidang.

Pada awalnya, flowchart memang berkembang dari industri komputer yaitu untuk menggambarkan urutan proses penyelesaian masalah. Bagan alir (flowchart) digunakan terutama untuk alat bantu komunikasi dan untuk dokumentasi. Flowchart diterima di kalangan lain seperti manufaktur, militer, manajemen, sains, dan lain sebagainya.

Lebih singkatnya, pengertian bagan air (flowchart) adalah urutan dari logika suatu prosedur dalam pemcahan suatu masalah yang dituliskan berupa simbol-simbol tertentu.

Loading...

Tujuan Flowchart

Tujuan flowchart yaitu untuk menggambarkan suatu tahapan penyelesaian terhadap suatu masalah secara sederhana, terurai, rapi dan jelas dapat menggunakan simbol-simbol yang standar.

Jenis-Jenis Flowchart

Adapun jenis flowchart diantaranya, yaitu:

Flowchart Sistem (System Flowchart)
Flowchart Sistem adalah bagan yang menunjukkan alur kerja atau apa yang sedang dikerjakan di dalam sistem secara keseluruhan dan menjelaskan urutan dari prosedur yang ada dalam sistem.

Flowchart Sistem terdiri dari data yang mengalir melalui sistem dan proses yang mentransformasikan data tersbeut. Data dan proses dalam flowchart sistem dapat digambarkan secara online atau offline.

Flowchart Dokumen (Document Flowchart)
Flowchart Dokumen(document flowchart) atau disebut juga bagan alir formulir (form flowchart) atau paperwork flowchart adalah bagan alir yang menunjukkan arus dari laporan dan formulir termasuk tembusannya. Bagan alir dokumen ini menggunakan simbol yang sama dengan yang digunakan di dalam bagan alir sistem.

Flowchart Skematik (Schematic Flowchart)
Flowchart skematik (schematic flowchart) adalah bagan alir yang mirip dengan bagan alir sistem, yaitu untuk menggambarkan prosedur di dalam sistem. Perbedaannya yaitu bagan alir skematik selain menggunakan simbol bagan alir sistem, juga menggunakan gambar komputer dan peralatan lainnya yang digunakan. Maksud penggunaan gambar tersebut yaitu untuk memudahkan komunikasi pada orang yang kurang paham dengan simbol bagan alir. Penggunaan gambar tersebut memudahkan untuk dipahami, namun sulit dan lama menggambarnya.

Flowchart Program (Program Flowchart)
Flowchart program (program flowchart) adalah bagan alir yang menjelaskan secara rinci langkah dari proses program. Bagan alir program dibuat dari derivikasi bagan alir sistem.

Flowchart ini dapat terdiri dari dua macam, yaitu bagan alir logika program (program logic flowchart) dan bagan alir program komputer terinci (detailed computer program flowchart). Bagan alir logika program digunakan untuk menggambarkan setiap langkah dalam program komputer secara logika. Bagan alir logika program ini dipersiapkan oleh analis sistem.

Flowchart Proses (Process Flowchart)
Flowchart Proses merupakan teknik penggambaran rekayasa industrial yang memecah dan menganalisis langkah-langkah selanjutnya dalam suatu prosedur atau sistem.

Flowchart Proses digunakan oleh perekayasa industrial dalam mempelajari dan mengembangkan proses manufacturing.

Simbol-Simbol Flowchart

Berikut simbol-simbol yang digunakan dalam flowchart beserta keterangan kegunaannya:

Demikian penjelasan tentang  Pengertian Flowchart, Tujuan, Jenis dan Simbol Flowchart (Diagram Alir) Lengkap  , semoga bermanfaat dan sampai jumpa pada postingan selanjutnya.