Pengertian Referensi, Tujuan, Sumber dan Jenis Referensi Lengkap

Posted on

Pengertian Referensi, Tujuan, Sumber dan Jenis Referensi Lengkap – Referensi atau rujukan adalah segala bentuk teori atau argumentasi yang digunakan untuk menunjang sebuah ide, gagasan, teori atau argumentasi untuk mempertegas maksud yang ingin disampaikan melalui tulisan maupun lisan. Referensi sering digunakan dalam penulisan karya tulis khususnya karya tulis ilmiah seperti makalah dan skripsi. Penulisan referensi menggunakan metode atau cara tertentu yang mengkuti kaidah penulisan ilmiah.

Pengertian referensi adalah tulisan mengenai sejumlah informasi terhadap suatu buku yang ditinjau dan dinilai mengenai sumber penulisannya.

Tujuan Referensi

Adapun tujuan referensi diantaranya yaitu:

Loading...
  • Memperkuat Argumentasi atau Teori
    Referensi digunakan sebagai bahan penunjang sebuah argumentasi atau teori yang diajukan dalam tulisan.
  • Menghindari Plagiarisme
    Penggunaan referensi bertujuan agar tidak menjadi suatu tindakan plagiat atas hasil karya orang lain.
  • Menghargai Karya Orang Lain
    Referensi perlu dicantumkan sebagai bentuk penghargaan kepada karya orang lain.
  • Memberikan Informasi Kepada Pembaca
    Referensi bertujuan memberikan informasi kepada pembaca mengenai sumber asli dan lengkap dari sebuah teori atau pendapat.

Sumber Referensi

Berikut ini beberapa sumber referensi diantaranya yaitu:

Buku
Buku merupakan sumber referensi yang paling sering digunakan dan sangat disarankan dalam pembuatan karya tulis. Selain buku sumber rujukan, disarankan menggunakan buku-buku terbitan terbaru agar teori yang dikutip merupakan teori yang terupdate atau penyesuaian dan perbaikan dari teori sebelumnya.

Surat Kabar/Majalah
Surat kabar atau majalah sebagai referensi sangat jarang digunakan, alasannya karena sulitnya menemukan teori atau argumen yang relevan dengan tulisan. Selain itu, surat kabar dan majalah jarang disimpan dalam waktu yang lama atau dibuatkan penyimpanan seperti buku di perpustakaan.

Jurnal
Jurnal hasil penelitian dapat pula dijadikan sebagai referensi, baik jurnal cetak maupun jurnal online.

Internet
Sumber referensi dari internet bisa digunakan dengan memperhatikan kredibilitas situs yang digunakan sebagai bahan referensi. Biasanya penggunaan sumber dari internet ini dibatasi dalam penulisan karya ilmiah tertentu karena tulisan yang diambil dari internet melalui website atau blog biasanya ditulis oleh bukan ahlinya sehingga tidak bisa memenuhi standar ilmiah. Walaupun dapat digunakan sebagai bahan referensi tapi biasanya sangat dibatasi jumlahnya dan juga sangat ketat dalam pemilihan situsnya.

Jenis Referensi

Berikut ini macam-macam jenis referensi diantaranya yaitu:

Kutipan

Kutipan adalah salah satu jenis penulisan referensi yang dirujuk dari berbagai sumber referensi dengan menyalin kalimat, paragraf, teori atau argumentasi seorang ahli di bidang tertentu untuk melengkapi tulisan yang dibuat. Terdapat 2 (dua) jenis kutipan yaitu kutipan langsung dan kutipan tidak langsung.

Kutipan Langsung
Kutipan langsung adalah kutipan yang ditulis sama persis dengan sumbernya yang disertai dengan data pustaka sebagai informasi lengkap tentang sumber dari kutipan tersebut.

Kutipan Tidak Langsung
Kutipan tidak langsung adalah kutipan yang ditulis dengan bahasa sendiri tanpa merubah makna dari sumber aslinya dengan menuliskan data pustaka sumber rujukan tersebut.

Catatan Kaki

Catatan kaki adalah cara penulisan sumber referensi dengan memberikan simbol pada kata yang membutuhkan penjelasan tertentu yang penjelasan diambil dari sumber lain. Pada bagian catatan kaki dituliskan pada margin bagian bawah karya tulis yang berisi penjelasan tentang kata yang dimaksud lengkap dengan data pustaka sumber rujukannya.

Demikian artikel tentang” Pengertian Referensi, Tujuan, Sumber dan Jenis Referensi Lengkap “, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa