7 Bagian-Bagian Nefron Ginjal Beserta Fungsinya Lengkap

Posted on

7 Bagian-Bagian Nefron Ginjal Beserta Fungsinya Lengkap – Ginjal terdiri atas tiga lapisan yaitu korteks renalis (korteks), medula renalis (medula) dan pelvis renalis dimana unit fungsional terkecil dari ginjal disebut nefron. Nefron adalah unit fungsional terkecil dari ginjal yang terdiri atas tubulus kontortus proximal, tubulus kontortus distal dan duktus koligentes. Setiap ginjal manusia terdiri dari kurang lebih 1 juta nefron, masing-masing mampu membentuk urin. Nefron terletak pada korteks renalis dan medula renalis.

Ginjal tidak dapat membentuk nefron baru, untuk itu jika ada kerusakan nefron karena trauma ginjal atau penyakit ginjal jumlah nefron akan turun secara bertahap. Jumlah nefron berfungsi akan menurun kira-kira 10% setiap 10 tahun. Berkurangnya fungsi tersebut tidak mengancam jiwa karena perubahan adaptif sisa nefron menyebabkan nefron tersebut dapat mengeluarkan air, elektrolit, dan produk sisa dalam jumlah yang tepat. Setiap nefron terdiri dari komponen vaskuler dan komponen tubulus.

Bagian-Bagian Nefron dan Fungsinya

Adapun bagian bagian nefron ginjal diantaranya yaitu:

Loading...

1. Badan Malpighi

Badan malpighi yaitu bagian yang menyimpan kapsula bowman dan glomerulus untuk menyaring darah. Fungsi badan malpighi adalah sebagai tempat dimana terdapat alat penyaring darah.

2. Kapsula Bowman

Kapsula bowman yaitu semacam kapsul/kantong yang membungkus glomerulus. Sir William Bowman merupakan penemu kapsula bowman. Fungsi kapsula bowman yaitu untuk mengumpulkan cairan hasil penyaringan glomerulus.

3. Glomerulus

Glomerulus yaitu pembuluh darah kecil atau kapiler yang terlihat seperti bola benang. Fungsi glomerulus adalah sebagai tempat penyaringan darah yang akan menyaring air, glukosa, asam amino, garam, dan urea untuk menghasilkan urin primer.

4. Tubulus Kontortus Proksimal

Tubulus kontortus proksimal yaitu tempat penyerapan kembali (reabsorpsi) urin primer yang menyerap air, garam, glukosa, dan asam amino. Fungsi tubulus kontortus proksimal yaitu untuk menghasilkan urin sekunder dengan kadar urea tinggi.

5. Lengkung Henle

Lengkung henle yaitu saluran berbentuk U atau setengah lingkaran dan menjadi penghubung antara tubulus kontortus proksimal dan tubulus kontortus distal. Lengkung henle berfungsi supaya urine tidak kembali ke tubulus kontortus proksimal. Bagian menurun dari lengkung henle sangat permeabel terhadap air tapi sangat kedap ion-ion, menyebabkan sejumlah besar air diserap kembali, yang meningkatkan osmolaritas cairan hingga sekitar 1200 mOsm/L. Sebaliknya, bagian menaik dari lengkung Henle kedap air namun sangat permeabel terhadap ion, yang mengakibatkan penurunan besar pada osmolaritas cairan, dari 1200 mOsm/L sampai 100 mOsm/L.

6. Tubulus Kontortus Distal

Tubulus kontortus distal yaitu tempat untuk melepaskan zat tidak berguna lain atau berlebihan dalam urin sekunder. Proses yang dilakukan tubulus kontortus distal disebut proses augmentasi (Pengumpulan). Hasil dari cairan yang telah melewati tubulus kontortus distal adalah urin yang sesungguhnya.

7. Tubulus Kolektivus

Tubulus kolektivus yaitu tabung sempit panjang dalam ginjal yang megumpulkan urin dari nefron, untuk disalurkan ke pelvis menuju kandung kemih. dengan kata lain Tubulus kolektivus berfungsi untuk mengumpulkan urin dari beberapa tubulus kontortus proksimal lalu dibawa ke pelvis.

Demikian penjelasan yang bisa kami sampaikan tentang 7 Bagian-Bagian Nefron Ginjal Beserta Fungsinya Lengkap  . Semoga postingan ini bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa