Pengertian Brosur, Ciri-Ciri, Fungsi dan Contoh Brosur Lengkap

Posted on

Pengertian Brosur, Ciri-Ciri, Fungsi dan Contoh Brosur Lengkap – Brosur adalah salah satu media yang digunakan untuk menyampaikan promosi. Brosur berfungsi memberikan informasi produk yang di tawarkan kepada calon konsumen. Umumnya, brosur berbentuk selembaran kertas yang berisi barisan kata dan informasi suatu produk ditambah sedikit gambar pendukung. Biasanya brosur dibagikan secara cuma-cuma kepada masyarakat umum dengan harapan masyarakat bisa mengetahui produk tersebut. Brosur yang sering ditemukan diantaranya brosur tentang makanan, bahasa inggris, sekolah, dan lain sebagainya.

Brosur adalah buku yang diterbitkan secara tidak berkala yang dapat terdiri dari satu hingga sejumlah kecil halaman, tidak terkait dengan terbitan lain, dan selesai dalam sekali terbit. Halamannya sering dijadikan satu dengan stapler, benang, atau kawat, biasanya memiliki sampul, tapi tidak menggunakan jilid keras.

Jika terdiri dari satu halaman, brosur atau pamflet umumnya dicetak pada kedua sisi, dan dilipat dengan pola lipatan tertentu hingga membentuk panel yang terpisah. Pamflet yang hanya terdiri dari satu lembar/halaman sering disebut selebaran. Selain itu, brosur yang memuat informasi mengenai produk disebut juga sebagai katalog produk atau sering hanya disebut katalog.

Loading...

Brosur atau pamflet memuat informasi atau penjelasan tentang suatu produk, layanan, fasilitas umum, profil perusahaan, sekolah, atau dimaksudkan sebagai sarana beriklan. Informasi dalam brosur ditulis dalam bahasa yang ringkas, dan dimaksudkan mudah dipahami dalam waktu singkat. Brosur juga didesain agar menarik perhatian, dan dicetak di atas kertas yang baik dalam usaha membangun citra yang baik terhadap layanan atau produk tersebut.

Ciri-Ciri Brosur

Adapun ciri-ciri atau karakteristik brosur, diantaranya yaitu:

  • Umumnya memiliki pesan yang tunggal.
  • Bertujuan untuk meniformasikan, mengedukasi, dan membujuk atau mempengaruhi orang/pelanggan untuk membeli atau mengadopsi pesan yang disampaikan.
  • Hanya sekali diterbitkan.
  • Dibuat semenarik mungkin agar menarik perhatian publik.
  • Didistribusikan secara tersendiri oleh pembuat brosur tersebut.
  • Memiliki desain yang menarik dan isinya jelas.

Fungsi Brosur

Fungsi utama sebuah brosur yaitu memberikan informasi kepada masyarakat umum tentang suatu produk yang akan ditawarkan secara detail. Untuk bisa menarik perhatian masyarakat, umumnya brosur dibuat dengan desain yang menarik dan isinya jelas.

Lebih lengkapnya, fungsi brosur diantaranya yaitu:

  • Untuk menginformasikan kepada konsumen potensial yang berkaitan dengan perusahaan atau produk atau layanan yang akan ditawarkan.
  • Sebagai alat iklan atau alat promosi, yang menarik dan juga memungkinkan untuk mempromosikan satu atau lebih produk maupun jasa.
  • Untuk mempertahankan kriteria atau konsep yang sama melalui semua brosur perusahaan/produk/layanan yang dimiliki.

Contoh Brosur

Berikut ini salah satu contoh brosur:

Demikian penjelasan yang bisa kami sampaikan tentang Pengertian Brosur, Ciri-Ciri, Fungsi dan Contoh Brosur Lengkap  Semoga  bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa