Pengertian, Ciri, Jenis dan Contoh Kalimat Aktif Dan Kalimat Pasif Terlengkap

Posted on

Pengertian Kalimat Aktif dan Pasif, Ciri, Jenis dan Contoh Kalimat Aktif Dan Kalimat Pasif Terlengkap – Kalimat aktif adalah kalimat dimana subjeknya secara aktif melakukan sesuatu berupa predikat kepada objeknya. Sedangkan, Kalimat pasif adalah kalimat dimana subjeknya dikenai suatu tindakan berupa predikat oleh objeknya.

Jadi, kalimat aktif dan kalimat pasif bertolak belakang, namun pada umumnya kalimat aktif dapat dipasifkan dan begitu sebaliknya, kalimat pasif dapat diaktifkan.

Ciri-Ciri Kalimat Aktif Dan Kalimat Pasif

Ciri-Ciri Kalimat Aktif

Berikut ciri-ciri beserta contoh kalimat aktif, diantaranya yaitu:

Loading...

a. Subjek pada kalimat aktif merupakan pelaku suatu tindakan. Contohnya: Dilla membeli kue. (Dilla = subjek, membeli = tindakan); Ibnu mengambil batu. (Ibnu= subjek, mengambil= tindakan); Ibu menjual sayuran (Ibu= subjek, menjual=tindakan).

b. Biasanya predikat dalam kalimat aktif berimbuhan Me- atau ber-. Contohnya: Ibu memasak air; Dina bermain boneka.

c. Pola Kalimatnya Subjek-Predikat-Objek-Keterangan (SPOK atau SPO) atau ada pula kalimat yang tidak membutuhkan objek yang berpola Subjek-Predikat-Keterangan (SPK). Contohnya:

  • Nana membaca novel di kamar. (Nana=Subjek, Membaca=Predikat, Novel=Objek)
  • Ayah membaca koran di teras. (Ayah=Subjek, Membaca=Predikat, Koran=Objek, di Teras= Keterangan)
  • Ibu memasak di dapur. (Ibu=Subjek, Memasak=Predikat, di dapur=Keterangan)

Ciri-Ciri Kalimat Pasif

Berikut ciri-ciri dan contoh kalimat pasif, diantaranya yaitu:

a. Objek pada kalimat pasif merupakan subjek pada kalimat aktif. Contohnya: Boneka dimainkan Dina; Air dimasak ibu

b. Biasanya unsur predikat pada kalimat pasif berimbuhan di-, ter-, di-kan, atau ter-kan. Contohnya : Bunga disiram oleh Nida; Kue dibeli oleh Nina; Bunga terinjak oleh Shinta.

c. Sering ditandai kata “oleh”, namun jika kata oleh tersebut dihilangkan, tidak akan terjadi perubahan makna pada kalimat pasif. Contohnya: Air ditumpahkan Desi; Sapu dibawa Nida, Hp terbawa Andi.

Jenis-Jenis Kalimat Aktif Dan Kalimat Pasif

Klasifikasi Jenis Kalimat Aktif

Kalimat Aktif Transitif

Kalimat aktif Transitif adalah kalimat aktif yang memrlukan objek dalam kalimatnya sehingga berpola S-P-O (Subjek – Predikat – Objek) atau S-P-O-K/Pel (Subjek – Predikat – Objek – Keterangan atau pelengkap). Contoh kalimat aktif transitif, diantaranya: Ibu memasak nasi di dapur; Nina mendengarkan radio, Ayah menonton televisi di ruang tengah.

Terdapat 2 (dua) jenis kalimat aktif transitif yaitu Kalimat Aktif Ekatransitif dan Kalimat Aktif Dwitransitif.

Kalimat Aktif Ekatransitif
Kalimat Aktif Ekatransitif adalah kalimat aktif yang dilengkapi dengan objek namun tidak memiliki pelengkap atau keterangan. Jadi bisa dikatakan jika kalimat ekatransitif adalah kelompok kalimat transitif yang tidak berpelengkap atau keterangan. Pola kalimat aktif ekatransitif yaitu S-P-O. Berikut beberapa contoh kalimat aktif ekatransitif, yaitu

  • Nada membuang sampah.
  • Ibu menjemur pakaian.
  • Ibu memasak nasi.

Kalimat Aktif Dwitransitif
Kalimat Aktif Ekatransitif adalah kalimat aktif yang dilengkapi dengan objek dan juga pelengkap atau keterangan. Jadi bisa dikatakan jika kalimat dwitransitif adalah kelompok kalimat transitif yang memiliki objek dan pelengkap sekaligus. Berikut beberapa contoh kalimat aktif dwitransitif, diantaranya:

  • Chika menyusun buku dengan rapi.
  • Ibu menjemur baju di halaman belakang.
  • Andi bermain bola di lapangan.

Kalimat Aktif Intransitif

Kalimat Aktif Intransitif adalah jenis kalimat aktif yang tidak dilengkapi dengan Objek kalimat, akan tetapi diikuti oleh kata keterangan atau pelengkap. Kalimat aktif intransitif berpola S-P-K/Pel (Subjek – Predikat – Keterangan atau Pelengkap). Berikut beberapa contoh kalimat aktif intransitif, diantaranya:

  • Lala Bermain sepanjang hari.
  • Dina menangis di kamarnya.
  • Ibu memasak di dapur.

Klasifikasi Jenis Kalimat Pasif

Macam-macam jenis kalimat pasif dibedakan berdasarkan objeknya dan berdasarkan predikatnya.

Jenis Kalimat Pasif Berdasarkan Objeknya

Kalimat Pasif Transitif
Kalimat Pasif Transitif adalah kalimat pasif yang dilengkapi dengan objek kalimat, baik objek itu dilengkapi dengan keterangan/pelengkap ataupun tidak. Berikut beberapa contoh kalimat pasif transitif diantaranya yaitu:

  • Air dimasak ibu.
  • Buah dibawa Ibnu.
  • Sepeda diperbaiki ayah kemarin.

Kalimat Pasif Intransitif
Kalimat Pasif Transitif adalah kalimat pasif yang tidak dilengkapi dengan objek, hanya dilengkapi keterangan atau pelengkap. Berikut beberapa contoh kalimat pasif intransitif:

  • Toko itu terbakar tadi malam.
  • Kelinci dipelihara di dalam kandang.

Jenis Kalimat Pasif Berdasarkan Predikatnya

Kalimat Pasif Tindakan
Kalimat Pasif Tindakan adalah kalimat pasif yang predikatnya berupa tindakan. Biasanya predikat berimbuhan di atau di-kan. Berikut beberapa contoh kalimat pasif tindakan:

  • Lampu dimatikan oleh ibu.
  • Pulpen itu dibelikan ayah.

Kalimat Pasif Keadaan
Kalimat pasif keadaan adalah kalimat pasif yang predikatnya berupa keadaan. Biasanya predikat kalimat pasif berimbuhan ke-an. Berikut beberapa contoh kalimat pasif keadaan:

  • Rumahnya kebakaran tadi malam.
  • Kucing itu kedinginan saat terkena air.

Demikian penjelasan yang bisa kami sampaikan tentang Pengertian, Ciri, Jenis dan Contoh Kalimat Aktif Dan Kalimat Pasif Terlengkap , semoga  bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa