Pengertian Ketahanan Nasional, Ciri, Fungsi, Tujuan, Sifat dan Asas Ketahanan Nasional Terlengkap

Posted on

Pengertian Ketahanan Nasional, Ciri, Fungsi, Tujuan, Sifat dan Asas Ketahanan Nasional Terlengkap – Ketahanan nasional (national resilience) adalah kondisi dinamis suatu bangsa yang mencakup seluruh kehidupan nasional yang terintegrasi, berisi keuletan dan ketangguhan yang mengandung kemampuan mengembangkan kekuatan nasional, dalam menghadapi dan mengatasi segala tantangan, ancaman, hambatan dan gangguan, baik yang datang dari dalam maupun luar, untuk menjamin identitas dan kelangsungan hidup bangsa dan Negara serta perjuangan mencapai tujuan nasional.

Dalam termologi asing, ketahanan nasional dikenal dengan istilah National Power atau kekuatan nasional yang didalamnya termasuk wilayah yang luas, sumber daya alam yang besar, kapasitas industri, penguasaan teknologi, kesiapsiagaan militer, kepemimpinan yang efektif dan kualitas/kuantitas angkatan perang.

Di Indonesia, ketahanan nasional dipandang lebih sesuai dengan dinamika sejarah perjuangan bangsa Indonesia yang berabad-abad berhasil mempertahankan kelangsungan hidupnya sebagai sebuah bangsa. Yang dimaksud dengan dinamika perjuanagna bangsa Indonesia adalah dinamika atau pasang surut perjuangan bangsa indonesia sejak masa pra kolonial, era kolonial, orde lama, orde baru hingga saat ini.

Ciri-Ciri Ketahanan Nasional

Adapun ciri-ciri atau karakteristik ketahanan nasional yaitu:

  • Didasarkan pada metode astagrata, seluruh aspek kehidupan nasional tercermin dalam sistematika astagarata yang terdiri atas 3 aspek alamiah/statis (trigatra) yaitu geografi, kekayaan alam, dan kependudukan dan lima aspek sosial/dinamis (pancagatra) yaitu ideologi, politik, ekonomi, sosial budaya, dan pertahanan keamanan.
  • Berpedoman pada wawasan nasional
  • Merupakan syarat utama bagi Negara berkembang
  • Difokuskan untuk mempertahankan kelangsungan hidup dan mengembangkan kehidupan
  • Untuk menghadapi dan mengatasi tantangan, ancaman, hambatan dan gangguan baik dari luar dan dalam.
  • Sebagai pertahanan yang ditujukan secara langsung untuk memelihara keamanan dan kesejahteraan
  • Lebih menonjolkan pendekatan persuasif

Fungsi Ketahanan Nasional

Adapun fungsi ketahanan nasional, diantaranya yaitu:

a. Sebagai doktrin dasar nasional untuk menjamin terjadinya pola pikir, pola sikap, pola tindak dan pola kerja dalam menyatukan langkah bangsa baik yang bersifat inter regional, inter sektoral ataupun multi disiplin.

b. Sebagai pola dasar pembangunan nasional, yang pada hakikatnya ketahanan nasional ini merupakan arah dan pedoman pembangunan nasional di sefala bidang dan sektorpembangunan secara terpadu yang dilakukan sesuai rancangan program.

c. Sebagai metode pembinaan kehidupan nasional, ini adalah suatu metode integral yang mencakup seluruh aspek dalam keidupan negara yang dikenal dengan astagatra yang terdiri atas aspek alamiah seperti kekayaan alam, penduduk serta geografi dan aspek sosial budaya seperti ideologi, politik, sosial budaya serta pertahanan dan keamanan.

Tujuan Ketahanan Nasional

Adapun tujuan ketahanan nasional Indonesia terdapat dalam UUD 1945 alinea ke 4 pembukaan yaitu Melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan dan perdamaian abadi dan keadilan sosial.

Sifat Ketahanan Nasional

Adapun sifat ketahanan nasional yaitu:

a. Mandiri, ini berarti percaya pada kemamapuan dan kekuatan sendiri dan tidak mudah menyerah.

b. Dinamis, ini berarti tidak tetap, naik turun, bergantung situasi dan kondisi bangsa dan negera serya lingkungan strategisnya.

c. Wibawa, ini berarti semakin tinggi tingkat ketahanan nasional maka akan semakin tinggi wibawa negara dan pemerintah sebagai penyelengara kehidupan nasional.

d. Konsultasi dan Kerja Sama, maksudnya adanya sikap saling menghargai dengan mengandalkan kekuatan moral dan kepribadian bangsa.

Asas Ketahanan Nasional

Asas ketahanan nasional adalah tata laku yang didasari nilai yang tersusun berlandaskan Pancasila, UUD 1945 dan wawasan nusantara. Adapun asas-asas ketahanan nasional, diantaranya yaitu:

Asas kesejahteraan dan keamanan
Asas ini merupakan kebutuhan dasar dan wajib dipenuhi bagi individu , kelompok dan masyarakat yang merupakan tolak ukur baik buruknya ketahanan nasional.

Asas komperherensif integral/ menyeluruh terpadu
Ketahanan nasional meliputi seluruh aspek kehidupan yang berkaitan dengan bentuk persatuan dan perpaduan secara serasi, selaras dan seimbang.

Asas mawas ke dalam dan mawas keluar
Mawas kedalam bertujuan untuk menumbuhkan sifat dan kondisi kehidupan nasional berdasarkan nilai kemandirian dan meningkatkan kualitas kemandirian bangsa. Sedangkan tujuan mawas keluar yaitu dalam rangka mengantisipasi, menghadapi dan mengatasi dampak lingkungan strategis luar negeri.

Asas kekeluargaan
Asas ini berisi sikap hidup yang diliputi keadilan kebersamaan, kesamaan, gotong royong, tenggang rasa dan tanggung jawab dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Asas ini mengekui adanya perbedaan dan terjaga dari konflik yang merusak.

Demikian artikel tentang”Pengertian Ketahanan Nasional, Ciri, Fungsi, Tujuan, Sifat dan Asas Ketahanan Nasional Terlengkap“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya.