Pengertian Kontrasepsi, Efektivitas dan Jenis Jenis Metode atau Alat Kontrasepsi Lengkap

Posted on

Pengertian Kontrasepsi, Efektivitas dan Jenis Jenis Metode/Alat Kontrasepsi Lengkap – Istilah kontrasepsi berasal dari kata kontra, yang berarti mencegah atau melawan dan konsepsi yang berarti pertemuan antara sperma dan sel telur yang matang dan sel sperma yang menyebabkan kehamilan.

Pengertian kontrasepsi atau pengaturan fertilitas atau pengatur kelahiran adalah bagian dari pelayanan kesehatan berupa usaha dan alat untuk mengatur, menunda atau mencegah terjadinya kehamilan yang bersifat sementara atau permanen dengan cara menghindari terbuahinya sel telur oleh sel sperma (konsepsi) atau pencegahan menempelnya sel telur yang telah dibuahi ke dinding rahim. Lebih singkatnya, kontrasepsi adalah suatu metode atau alat yang digunakan untuk mencegah kehamilan.

Pengertian Kontrasepsi Menurut Para Ahli

Farrer (2001)

Menurut Farrer, Kontrasepsi adalah mencegah bertemunya sel telur yang matang dengan sel mani pada waktu bersenggama, sehingga tidak akan terjadi pembuahan dan kehamilan.

Winkjosastro (2002)

Menurut Winkjosastro, Kontrasepsi adalah upaya untuk mencegah terjadinya kehamilan, alat yang digunakan untuk menunda kehamilan dan menjarangkan jarak kelahiran.

Suratun (2008)

Menurut Suratun, Kontrasepsi adalah menghindari/mencegah terjadinya kehamilan sebagai akibat pertemuan antara sel telur yang matang dengan sel sperma.

Subroto (2011)

Menurut Subroto, Kontrasepsi adalah bagian dari pelayanan kesehatan untuk pengaturan kehamilan dan merupakan hak setiap individu sebagai makhluk seksual, serta upaya untuk mencegah kehamilan yang bersifat sementara dan dapat pula bersifat menetap.

Nugroho dan Utama (2014)

Menurut Nugroho dan Utama, Kontrasepsi adalah pencegahan terbuahinya sel telur oleh sel sperma (konsepsi) atau pencegahan menempelnya sel telur yang telah dibuahi ke dinding rahim.

Efektivitas Kontrasepsi

Menurut Wiknjosastro (2002), ada 2 cara penilaian efektivitas atau daya guna kontrasepsi yaitu:

  • Daya guna teoritis (theoretical effectiveness), yaitu kemampuan suatu cara kontrasepsi untuk mengurangi terjadinya kehamilan yang tidak diinginkan, apabila kontrasepsi tersebut digunakan dengan mengikuti aturan yang benar.
  • Daya guna pemakaian (use effectiveness), yaitu kemampuan kontrasepsi dalam keadaan sehari-hari dimana pemakaiannya dipengaruhi oleh faktor-faktor seperti pemakaian yang tidak hati-hati, kurang disiplin dengan aturan pemakaian dan sebagainya.

Faktor yang Mempengaruhi Pemilihan Kontrasepsi

Menurut Pinem (2009). ada 3 faktor yang perlu diperhatikan dalam memiliki metode kontrasepsi, diantaranya:

  • Faktor pasangan, seperti usia, gaya hidup, frekuensi senggama, jumlah keluarga yang diinginkan, pengalaman dengan kontrasepsi yang lalu, sikap kewanitaan dan sikap kepriaan.
  • Faktor kesehatan, seperti kontra indikasi absolut atau relatif, status kesehatan, riwayat haid, riwayat keluarga, pemeriksaan fisik dan pemeriksaan panggul.
  • Faktor metode kontrasepsi, seperti penerimaan dan pemakaian berkesinanbungan dipandang dari pihak calon akseptor dan pihak medis (petugas KB), efektivitas, efek samping minor, kerugian, biaya dan komplikasi potensial.

Jenis-Jenis Metode Kontrasepsi

Menurut Saifuddin dkk (2003), ada beberapa jenis atau metode kontrasepsi, diantaranya yaitu:

Kontrasepsi Sederhana

Adapun jenis alat konstrasepsi sederhana diantaranya yaitu:

Amenorea Laktasi (MAL), yaitu kontrasepsi yang mengandalkan pemberian Air Susu Ibu (ASI). MAL sebagai kontrasepsi jika menyusui secara penuh (full breast feeding), belum haid dan bayi kurang dari 6 bulan. Metode MAL efektif hingga 6 bulan dan harus dilanjutkan dengan pemakaian metode kontrasepsi lainnya.

Keluarga Berencana Alamiah (KBA), yaitu metode yang dilakukan dengan wanita mendeteksi kapan masa suburnya berlangsung, yang biasanya dekat dengan pertengahan siklus menstruasi (biasanya hari ke 10-15), atau ada tanda-tanda kesuburan dan kemungkinan besar terjadi konsepsi. Senggama dihindari pada masa subur yaitu pada fase siklus menstruasi dimana kemungkinan terjadinya konsepsi.

Senggama Terputus, yaitu metode keluarga berencana tradisional, dimana pria mengeluarkan alat kelaminnya (penis) dari vagina sebelum pria mencapai ejakulasi. Metode ini efektif jika digunakan dengan benar dan bisa digunakan sebagai pendukung metode KB lainnya.

Kontrasepsi Barier

Metode barier yaitu metode kontrasepsi untuk menghentikan proses reproduksi manusia dengan menghambat perjalanan sperma dari pasangan pria ke wanita sehingga pembuahan bisa dicegah. Adapun jenis alat konstrasepsi barier diantaranya yaitu:

Kondom, yaitu selubung/sarung karet yang dapat terbuat dari berbagai bahan di antaranya lateks (karet), plastik (vinil), atau bahan alami (produksi hewani) yang dipasang pada penis saat berhubungan seksual.

Diafragma, yaitu kap berbentuk bulat cembung, terbuat dari lateks (karet) yang diinersikan ke dalam vagina sebelum berhubungan seksual atau menurut serviks.

Spermisida, yaitu bahan kimia (biasanya non oksinol-9) digunakan untuk menonaktifkan atau membunuh sperma yang dikemas dalam bentuk aerosol (busa), tablet vaginal, suppositoria, atau dissolvable film dan krim.

Kontrasepsi Hormonal

Adapun jenis alat konstrasepsi hormonal diantaranya yaitu:

Pil kombinasi atau kontrasepsi pil, yaitu jenis kontrasepsi oral yang harus diminum setiap hari yang memiliki efektivitas yang tinggi (hampir menyerupai efektivitas tubektomi) jika digunakan setiap hari (1 kehamilan per 1000 perempuan dalam tahun pertama penggunaan). Pil bekerja dengan cara mengentalkan lendir serviks sehingga sulit dilalui oleh sperma. Efektifitas pil sangat tinggi, angka kegagalannya berkisar 1-8% untuk pil kombinasi, dan 3-10% untuk mini pil.

Suntikan kombinasi, yaitu 25 mg Depo medroksiprogesteron asetat dan 5 mg Estradiol sipionat yang diberikan injeksi I.M. sebulan sekali (Cyclofem), dan 50 mg noretindron enantat dan 5 mg Estradiol Valerat yang diberikan injeksi I.M. sebulan sekali. Cara kerjanya sama dengan pil KB. Efek sampingnya dapat terjadi gangguan haid, depresi, keputihan, jerawat, perubahan berat badan, pemakaian jangka panjang bisa terjadi penurunan libido, dan densitas tulang.

Implan atau kontrasepsi implan, yaitu alat kontrasepsi silastik berisi hormon jenis Progesteron levebogestrol yang ditanamkan dibawah kulit yang bekerja mengurangi transportasi sperma dan menganggu proses pembentukan endometrium sehingga sulit terjadi implantasi. Keuntungan dari metode implant ini antara lain tahan sampai 5 tahun, kesuburan akan kembali segera setelah pengangkatan. Efektifitasnya sangat tinggi, angka kegagalannya 1-3%.

Kontrasepsi Mantap

Adapun jenis alat konstrasepsi mantap diantaranya yaitu:

Tubektomi, yaitu prosedur bedah sukarela untuk menghentikan fertilitas (kesuburan) seseorang secara permanen dengan cara mengoklusi tuba falopii (mengikat dan memotong/memasang cincin) sehingga sperma tidak bisa bertemu ovum. Tubektomi merupakan suatu kontrasepsi permanen untuk mencegah keluarnya ovum dengan cara mengikat atau memotong pada kedua saluran tuba fallopi (pembawa sel telur ke rahim), efektivitasnya mencapai 99 %.

Vasektomi, yaitu prosedur klinik untuk menghentikan kapasitas reproduksi pria dengan jalan melakukan oklusi vasa diferensia sehingga alur transportasi sperma terhambat dan proses fertilisasi (penyatuan ovum) tidak terjadi. Vasektomi merupakan operasi kecil yang dilakukan untuk menghalangi keluarnya sperma dengan cara mengikat dan memotong saluran mani (vas defferent) sehingga sel sperma tidak keluar pada saat senggama, efektifitasnya 99%.

Alat Kontrasepsi Dalam Rahim (AKDR), yaitu alat kontrasepsi yang dimasukkan ke dalam rahim yang memiliki banyak bentuk, terdiri dari plastik (polyethyline), ada yang dililit tembaga (Cu), dililit tembaga bercampur perak (Ag) dan ada juga yang batangnya hanya berisi hormon progesteron. Cara kerjanya, meninggikan getaran saluran telur sehingga pada waktu blastokista sampai ke rahim endometrium belum siap menerima nidasi, menimbulkan reaksi mikro infeksi sehingga terjadi penumpukan sel darah putih yang melarutkan blastokista, dan lilitan logam menyebabkan reaksi anti fertilitas. Efektifitasnya tinggi dan angka kegagalannya 1%.

Demikian artikel pembahasan tentang “Pengertian Kontrasepsi, Efektivitas dan Jenis Jenis Metode atau Alat Kontrasepsi Lengkap“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya.