Pengertian Surat Tugas, Ciri, Fungsi, Tujuan dan Contoh Surat Tugas Lengkap

Posted on

Pengertian Surat Tugas, Ciri, Fungsi, Tujuan dan Contoh Surat Tugas Lengkap – Surat tugas adalah surat yang dikeluarkan oleh instansi atau pihak yang lebih tinggi dan ditujukan kepada pihak bawahan untuk melaksanakan suatu tugas tertentu. Surat tugas diperlukan agar penerima tugas memperoleh pengesahan formal terhadap tugas yang harus dilaksanakan.

Pengertian surat tugas yaitu surat resmi yang dibuat dan dikeluarkan oleh seorang pejabat yang berwenang di instansi atau lembaga tertentu dimana isinya menugaskan seorang pegawai/ staff untuk melakukan suatu pekerjaan.

Pada umumnya, surat tugas dikeluarkan untuk satu jenis pekerjaan saja. Setelah pekerjaan tersebut selesai, maka surat tugas tidak berlaku lagi.

Perbedaan surat tugas dan surat dinas yaitu surat tugas hanya untuk satu jenis pekerjaan saja, sedangkan surat dinas untuk pekerjaan rutin.

Ciri-Ciri Surat Tugas

Ciri-ciri atau karakteristik surat tugas diantaranya yaitu:

  • Di dalam surat tugas harus dijelaskan mengenai adanya penugasan dari pimpinan kepada seorang pegawai/staf untuk pekerjaan tertentu.
  • Surat tugas menggunakan bahasa yang baku atau resmi, dimana isinya dibuat singkat, padat, dan jelas.
  • Di dalam surat tugas harus dilengkapi dengan kop surat, judul surat, nomor surat, isi surat, tanggal, nama dan tanda tangan pejabat pemberi tugas, nama dan tanda tangan penerima tugas.
  • Surat tugas harus dibubuhi stempel instansi yang bersangkutan.

Fungsi dan Tujuan Surat Tugas

Fungsi surat tugas diantaranya yaitu:

Sebagai dokumen pengesahan formal bagi penerima tugas terhadap tugas yang harus dijalankan.
Dapat membantu mempermudah tugas pejabat pelaksana tugas dalam berhubungan dengan instansi atau lembaga yang berhubungan dengan tugasnya tersebut.

BACA JUGA :  Pengertian Brosur, Ciri-Ciri, Fungsi dan Contoh Brosur Lengkap

Dengan kata lain, surat tugas merupakan bukti legal atas penugasan seorang pejabat atas suatu pekerjaan sesuai dengan isi surat tersebut.

Struktur Bagian Surat Tugas

Berikut ini urutan struktur bagian surat tugas untuk membuat surat tugas yang baik dan benar, yaitu:

  • Kepala Surat/ Kop Surat.
  • Judul Surat (SURAT TUGAS).
  • Nomor Surat.
  • Identitas Pejabat Pemberi Tugas.
  • Identitas Pegawai/Staff Penerima Tugas.
  • Isi surat tugas yang menjelaskan tentang pekerjaan yang harus dilaksanakan penerima tugas, jangka waktu,
  • dan pertanggungjawaban.
  • Keterangan tempat dan waktu pemberian tugas.
  • Kolom tanda tangan pemberi tugas dan penerima tugas.

Contoh Surat Tugas

Berikut contoh surat tugas:

Demikian penjelasan tentang Pengertian Surat Tugas, Ciri, Fungsi, Tujuan dan Contoh Surat Tugas Lengkap  . Semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan selanjutnya. Sampai jumpa