Pengertian Argikultur, Sektor dan Contoh Produk Argikultur Lengkap

Posted on

Pengertian Argikultur, Sektor dan Contoh Produk Argikultur Lengkap – Pengertian agrikultur (agriculture) adalah suatu proses untuk memproduksi makanan, panganan, serat dan hasil-hasil lainnya dalam sektor pertanian yang dibutuhkan manusia termasuk tanaman-tanaman tertentu dan juga pertambahan hewan-hewan lokal.

Agrikultur atau disebut juga pertanian adalah kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk memperoleh bahan pangan melalui pemanfaatan sumber daya di hati demi memenuhi kebutuhan hidup. Selain itu, agrikultur juga diartikan sebagai suatu ilmu dan praktik pertanian, termasuk budidaya tanah untuk penanaman tanaman dan pemeliharaan hewan untuk menghasilkan bahan makanan dan produk lainnya yang dibutuhkan manusia.

Agrikultur merupakan salah satu cabang ilmu biologi untuk memanfaatkan sumber daya hayati secara maksimal. Kegiatan pemanfaatan sumber daya hayati diantaranya seperti budidaya tanaman atau bercocok tanam, pembesaran hewan ternak, pemanfaatan mikroorganisme dan bio enzim untuk pengolahan produk lanjutan.

Pengertian Agrikultur Menurut Para Ahli

Van Aarsten (1953)

Menurut Van Aarsten, Argiculture adalag digunakannya kegiatan manusia untuk memperoleh hasil yang berasal dari tumbuh-tumbuhan dan/atau hewan yang pada mulanya dicapai dengan jaan sengaja menyempurnakan segala kemungkinan yang telah diberikan oleh alam guna mengembangbiakkan tumbuha dan/atau hewan tersebut.

Sektor-Sektor Agrikultur

Secara umum, ada 5 (lima) sektor agrikultur diantaranya tanaman pangan, perkebunan, kehutanan, peternakan dan perikanan.

Tanaman Pangan

Salah satu contoh sektor tanaman pangan di bidang agrikultur yaitu padi. Padi menjadi salah satu produk sektor tanaman pangan dengan hasil paling besar di Indonesia. Selain padi , ada beberapa hasil tanaman pangan lainnya diantaranya seperti sayuran, ubi, jagung, buah-buahan dan sebagainya.

Perkebunan

Sektor perkebunan dalam bidang agrikultur merupakan salah satu sektor yang mengalami pertumbuhan konsisten dibanding sektor lain. Dimana antara areal perkebunan dan hasil produksi dari perkebunan berbanding lurus satu sama lain, sehingga hasil perkebunan di Indonesia menjadi faktor cukup penting dalam meningkatkan pendapatan negara mengingat hasil perkebunan di negara mencakup komoditi ekspor seperti karet, kelapa sawit, coklat, teh dan kelapa.

BACA JUGA :  Pengertian Periodisasi, Tujuan, Manfaat, Konsep dan Contoh Periodisasi Sejarah Lengkap

Kehutanan

Hasil dari sektor kehutanan berupa kayu. Produksi kayu sendiri di negara ini harus mengikuti regulasi dari pihak pihak terkait, dalam hal ini adalah Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Karena apabila produksi kayu tidak dikendalikan atas sembarangan maka bisa berimbas pada kelestarian alam yang punah.

Peternakan

Sektor peternakan menjadi salah satu usaha skala kecil yang dilakukan rakyat. Sektor peternakan di Indonesia digolongkan menjadi dua yakni menurut ukuran hewan ternaknya, yaitu peternakan besar meliputi sapi, kuda, kerbau dan lain sebagainya; dan peternakan kecil meliputi bebek ayam dan jenis unggas lainnya. Hasil peternakan bisa berupa daging, susu dan telur.

Perikanan

Selain dikenal dengan negara Agraria, Indonesia juga dikenal sebagai negara maritim dengan luas perairan mencakup 3,25 juta km2. Perikanan termasuk salah satu sektor agrikultur yang berperan penting dalam struktur sosial dan ekonomi di Indonesia.

Produk perikanan seperti ikan bukan hanya digunakan sebagai pemenuhan kebutuhan dalam negeri tapi juga sebagai komoditi ekspor. Selain ikan, hasil perikanan seperti udang rumput laut mutiara dan masih banyak lainnya.

Produk-Produk Agrikultur

Adapun produk-produk agrikultur diantaranya yaitu:

  • Tanaman pangan; seperti padi, jagung, singkong, kentang, ubi jalar, sayur-sayuran, buah-buahan, dan semua produk olahan tanaman pangan.
  • Perkebunan; seperti teh, coklat (kakao), kopi, karet, kelapa, sawit, tebu, dan semua produk hasil olahan dari perkebunan.
  • Kehutanan; seperti kayu, gaharu, gondorukem, madu, rotan, dan semua produk hasil olahannya.
  • Peternakan; seperti daging, susu, telur, bulu hewan ternak, dan semua produk olahan hasil peternakan.
  • Perikanan; seperti ikan, udang, kerang, rumput laut, mutiara, dan semua produk olahan hasil perikanan.

Demikian pembahasan tentang” Pengertian Argikultur, Sektor dan Contoh Produk Argikultur Lengkap“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya.