Pengertian Pangsa Pasar : Tujuan, Cara Memperluas dan Meningkatkan Pangsa Pasar (Market Share)

Posted on

Cara Meningkatkan Pangsa Pasar (Market Share) – Apa yang dimaksud dengan pangsa pasar? Apakah yang dimaksud dengan pangsa pasar berikan contohnya? Apa tujuan pangsa pasar? Bagaimana cara meningkatkan pangsa pasar? Apa itu share of market?

Baca Juga : Perencanaan Pemasaran

Agar lebih memahaminya kali ini kita akan membahas tentang pengertian pangsa pasar, tujuan, cara mengetahui ukuran pasar, cara mengukur keberhasilan dan cara meningkatkan pangsa pasar (market share) secara lengkap.

Pengertian Pangsa Pasar (Market Share)

Market share atau dikenal dengan pangsa pasar adalah persentase pasar yang diperhitungkan oleh perusahaan/entitas tertentu.

Pangsa pasar merupakan bagian dari seluruh permintaan atas barang yang menggambarkan golongan konsumen berdasarkan segmentasi pasar. Penggolongan konsumen dapat dilakukan berdasarkan tingkat penghasilan, usia, jenis kelamin, pendidikan, dan status sosial.

Pangsa pasar (market share) ini juga menjadi bagian dari pasar yang dikuasai suatu perusahaan dan semua potensi jual, umumnya dinyatakan dalam persentase. Market share atau pangsa pasar adalah persentase total penjualan suatu perusahaan dari seluruh sumber dengan total penjualan produk (barang dan jasa) dalam suatu industri tertentu.

Tujuan Pangsa Pasar (Market Share)

Tujuan market share atau pangsa pasar, antara lain:

  • Pasar lebih mudah dibedakan.
  • Memberikan pelayanan yang lebih baik pada pembeli.
  • Strategi pemasaran yang lebih terarah.

Cara Mengetahui Ukuran Pasar

Untuk mengetahui dan menetapkan ukuran pasar dan market share dibutuhkan riset pasar yang cukup mendalam. Setelah itu, pelajari siapa saja kompetitor di pasar tersebut dan berapa banyak pasar yang sudah dikuasai kompotitor tersebut.

Perusahaan dengan perencanaan strategi harus mengembangkan strategi bauran pemasaran juga memperkecil segmentasi produk sehingga promosi bisa sesuai target. Sebagai contoh, perusahaan minuman tak hanya menjelaskan bisnis minuman tapi harus lebih fokus, misalnya minuman berkarbonasi, minuman kopi atau lainnya.

Cara Mengukur Keberhasilan Perusahaan Dalam Pangsa Pasar

Pangsa pasar (market share) merupakan pembukuan persentasi penjualan suatu perusahaan dari semua penjualan para kompetitor gabungan di suatu industri. Market share menjadi salah satu indikator dalam mengukur keberhasilan perusahaan atas pesaingnya.

Baca Juga : Rencana Pemasaran

Contohnya, pada tahun 2019 suatu perusahaan mempuntai targer market share sebesar 10% dari semua pasar. Agar terget pasar tersebut tercapai maka dibutuhkan biaya promosi sebesar Rp 60 juta.

Jika pada kenyataannya pangsa pasar yang diperoleh lebih dari 10% (misalnya 15%), artinya kinerja perusahaan berjalan baik dan jika pangsa pasar yang didapatkan kurang dari 10% misalnya 8% artinya kinerja pemasaran perusahaan tersebut masih kurang baik dan perusahaan akan menghadapi masalah efisiensi juga efektifitas.

Berikut sejumlah faktor yang harus dikaji perusahaan yang tak bisa mencapai pangsa pasar, antara lain:

  • Besarnya pangsa pasar yang terlalu tinggi.
  • Semakin banyak kompetitor baru di industri yang sama.
  • Daya saing perusahaan yang mengalami penurunan.
  • Promosi yang tak bisa mencapai target pasar atau tidak tepat sasaran.

Cara Meningkatkan Pangsa Pasar

Berikut cara meningkatkan pangsa pasar (market share), diantaranya yaitu:

  • Menentukan bisnis yang masih tergolong baru dan belum banyak dijalankan perusahaan lain.
  • Yakin bahwa perusahaan akan berhasil menjalankan bisnis yang digeluti.
  • Menentukan visi dan misi perusahaan tentang target bisnis di masa depan.
  • Memperkirakan kekuatan para kompetitor di industri yang sama.
  • Memperhatikan pergerakan harga di industri yang dibidik dan menentukan harga yang paling sesuai.
  • Menciptakan dan membangun jaringan pasar sehingga bisnis menjadi lebih besar.

Berikut ini strategi memperluas pangsa pasar, diantaranya yaitu:

  • Tambahkan produk dan layanan baru.
  • Jual produk dan layanan pada customer yang ada dengan jumlah meningkat.
  • Perluas pasar ke wilayah baru.
  • Target pasar dan customer baru.
  • Terjun ke sistem penjualan yang baru.
  • Mengambilalih bisnis lain.

Baca Juga : Manajemen Pemasaran

Demikian artikel pembahasan tentang pengertian pangsa pasar, tujuan, cara mengetahui ukuran pasar, cara mengukur keberhasilan dan cara meningkatkan pangsa pasar (market share) secara lengkap. Semoga bermanfaat