Pengertian Ekonomi Mikro : Tujuan, Peran, Komponen, Ruang Lingkup dan Teori Mikroekonomi

Posted on

Pengertian Ekonomi Mikro – Apa itu ekonomi mikro dan contohnya? Apa contoh ekonomi mikro? Apa yang dimaksud dengan teori ekonomi mikro? Apa pengertian ekonomi mikro dan makro?

Agar lebih memahaminya, kali ini kita akan membahas materi ekonomi mikro mulai dari pengertian ekonomi mikro menurut para ahli, tujuan, peran, komponen, ruang lingkup dan teori ekonomi mikro secara lengkap.

Baca Juga : Pengertian Pertumbuhan Ekonomi

Pengertian Ekonomi Mikro

Pengertian ekonomi mikro atau mikroekonomi adalah cabang ilmu ekonomi yang mempelajari tentang perilaku konsumen dan perusahaan, penentuan harga pasar, kuantitas faktor input serta barang atau jasa yang diperjualbelikan. Secara langsung, ekonomi mikro mempengaruhi pengambilan keputusan mengenai permintaan dan penawaran barang/jasa.

Ekonomi mikro mengamati bagaimana pengaruh keputusan dan perilaku yang telah diambil mengenai penawaran dan permintaan terhadap barang dan jasa, yang nantinya akan menentukan harga serta penawaran dan permintaan barang/jasa berikutnya.

Tujuan ekonomi mikro atau mikroekonomi adalah untuk menganalisis pasar dan bagaimana mekanisme pembentukan harga relatif produk dan jasa.

Aspek analisis ekonomi mikro antara lain analisis biaya dan manfaat; teori permintaan dan penawaran; elastisitas; model pasar; industri; teori produksi dan teori harga.

Peran ekonomi mikro dalam bisnis dapat membantu menganalisa kegagalan pasar dan mendeskripsikan kondisi pasar persaingan sempurna secara teoritis.

Pengertian Ekonomi Mikro Menurut Para Ahli

N. G. Mankiw

Pengertia ekonomi mikro adalah ilmu mengenai peran pelaku ekonomi, bagaimana rumah tangga dan perusahaan membuat keputusan, dan bagaimana berinteraksi dalam pasar tertentu.

Marshal dan Piqou

Definisi ekonomi Mikro yaitu tingkat mobilitas yang tinggi dalam pasar sehingga membuat pelaku ekonomi bisa langsung beradaptasi atau menyesuaikan dengan perubahan dalam pasar.

Baca Juga : Pengertian Elastisitas Ekonomi

Adam Smith

Ekonomi Mikro dapat diartikan sebagai subjek ekonomi yang kerap bersifat ekonomis rasional. Hal tersebut menyebabkan pelaku ekonomi harus mempertimbangkan hal rasional sebelum menentukan keputusan.

Sadono Sukirno

Arti ekonomi mikro ialah salah satu cabang ilmu ekonomi yang mempelajari tentang perilaku konsumen dan perusahaan serta penentuan harga pasar dan kuantitas faktor input, barang, dan jasa yang diperjualbelikan.

Tujuan Ekonomi Mikro

Adapun tujuan mikroekonomiatau ekonomi mikro, antara lain:

  • Menganalisa mekanisme pasar dalam pembentukan harga relatif atas barang atau jasa juga alokasi sumber terbatas diantara pemakaian alternatif.
  • Menganalisa kegagalan pasar, yakni ketika pasar gagal menciptakan efisiensi hasil dan menjelaskan segala kondisi teoritis yang diperlukan dalam pasar persaingan sempurna.

Peran Ekonomi Mikro

Berikut ini peranan atau fungsi ekonomi mikro dalam bisnis, antara lain:

  • Sebagai alat untuk memahami peredaran barang/produk.
  • Menyusun kebijakan mengenai harga dn upah dalam mengelolah sumber daya perusahaan.
  • Memperkirakan kemungkinan yang akan terjadi dalam pasar.
  • Memahami kebutuhan dan perilaku konsumen.
  • Menumbuhkan produktivitas perusahaan.

Komponen Ekonomi Mikro

Ada 3 komponen dalam penerapan ekonomi mikro dalam bisnis, antara lain:

Interaksi di Pasar Barang

Kegiatan tawar menawar yang terjadi diantara penjual dan pembeli sehingga kesepakatan harda dapat terbentuk termasuk dalam interaksi pasar barang. Dalam hal ini, ekonomi mikro harus bisa memahami lebih dalam interaksi dalam pasar sebab akan memberikan pengaruh pada kebijakan pengambilan keputusan harga.

Tingkah Laku Penjual dan Pembeli

Ekonomi mikro berhubungan dengan perilaku produsen dan konsumen dalam pasar dengan tujuan berbeda. Ekonomi mikro mengkaji bagaimana pemenuhan kebutuhan konsumen dengan pendapatannya, sedangkan produsen berusaha memaksimalkan perolehan laba.

Baca Juga : Pengertian Orientasi Pasar

Interaksi di Pasaran

Ekonomi mikro berusaha menjabarkan teori interaksi dari produsen dan konsumen yang menyertakan sejumlah faktor produksi diantaranya kewirausahaan, modal, sumber daya manusia dan sumber daya alam.

Ruang Lingkup Ekonomi Mikro

Ruang lingkup mikroekonomi yaitu produsen dan konsumen. Ekonomi mikro ekonomi mengamati perilaku dari penjual dan pembeli, termasuk interaksi dalam pasar faktor produksi. Lebih singkatnya, ruang lingkup mikroekonomi, antara lain:

  • Permintaan, penawaran, dan keseimbangan harga pasar.
  • Elastisitas permintaan dan elastisitas penawaran.
  • Teori perilaku konsumen.
  • Teori produksi, biaya produksi, penerimaan produsen dan laba.
  • Permintaan akan input.
  • Mekanisme harga dan distribusi pendapatan.
  • Pasar persaingan sempurna, yaitu pasar yang menjual produk serupa (homogen).
  • Pasar persaingan monopolistik, yaitu pasar yang berisi banyak produsen dengan produk serupa tapi ada sejumlah aspek yang membedakan.
  • Pasar monopoli, yaitu pasar yang hanya dikuasai satu penjual.
  • Pasar oligopoli, yaitu pasar dengan barang sejenis dan dikuasasi beberapa perusahaan.

Teori Ekonomi Mikro

Dalam analisa microekonomi, terdapat tiga teori yang dapat digunakan, antara lain:

Teori Harga

Harga merupakan hal dasar yang digunakan untuk menganalisa interaksi yang terjadi diantara penawaran dan permintaan atas barang/jasa dalam pasar serta faktor yang dapat mempengaruhinya. Analisa teori harga ini mencakup pada beberapa hal diantaranya:

  • Pembentukan harga.
  • Konsep elastisitas permintaan dan penawaran.
  • Keterkaitan harga penawaran dan permintaan.
  • Faktor yang mempengaruhi penawaran dan permintaan.
  • Bentuk pasar

Baca Juga : Pengertian Value Of Money

Teori Produksi

Teori ini dipakai untuk menganalisa biaya dan tingkat produksi. Analisis teori produksi ini dilakukan terhadap:

  • Segala hal yang berkaitan dengan biaya produksi.
  • Taraf produksi terprofitabel bagi produsen.
  • Pengombinasian faktor produksi untuk memaksimalkan keuntungan yang diperoleh.

Teori Distribusi

Teori distribusi bertujuan untuk menganalisa ekonomi mikro berkaitan dengan upah tenaga kerja, besarnya pembayaran bunga pada pemodal dan besarnya laba yang diperoleh produsen.

Demikian artikel pembahasan tentang pengertian ekonomi mikro menurut para ahli, tujuan, peran, komponen, ruang lingkup dan teori ekonomi mikro secara lengkap.