23 Pengertian Administrasi Publik (Public Administration) Menurut Para Ahli Lengkap

Posted on

23 Pengertian Administrasi Publik (Public Administration) Menurut Para Ahli Lengkap – Administrasi Publik (Public Administration) atau Administrasi Negara adalah suatu bahasan ilmu sosial yang mempelajari tiga elemen penting kehidupan bernegara yang meliputi lembaga legislatif, yudikatif dan eksekutif serta hal- hal yang berkaitan dengan publik yang meliputi kebijakan publik, manajemen publik, administrasi pembangunan, tujuan negara, dan etika yang mengatur penyelenggara negara.

Sederhananya, Administrasi Publik adalah ilmu yang mempelajari tentang bagaimana pengelolaan suatu organisasi publik. Kajian administrasi publik ini termasuk mengenai birokrasi; penyusunan, pengimplementasian dan pengevaluasian kebijakan publik; administrasi pembangunan; kepemerintahan daerah; serta good governance.

Pengertian Administrasi Publik Menurut Para Ahli

Dr. H. Amin Ibrahim

Menurut Dr. H. Amin Ibrahim, Administrasi Publik adalah seluruh upaya penyelenggaraan pemerintah yang meliputi kegiatan manajemen pemerintah (perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan terhadap pembangunan) dengan sebuah mekanisme kerja serta dukungan sumber daya manusia.

Loading...

Nicholas Henry

Menurut Nicholas Henry, Administrasi Publik adalah suatu kombinasi yang kompleks antara teori dan praktek, dengan tujuan mempromosikan pemahaman terhadap pemerintah dalam hubungannya dengan masyarakat yang diperintah, dan juga mendorong kebijakan publik agar lebih responsive terhadap kebutuhan sosial.

Dwight Waldo

Menurut Dwight Waldo, Administrasi Publik adalah manajemen yang dilakukan dalam suatu organisasi dari manusia-manusia dan peralatannya untuk mencapai tujuan pemerintah.

Harbani Pasolong

Menurut Harbani Pasolong, Administrasi Publik adalah suatu kerjasama yang dilakukan oleh sekelompok orang atau lembaga dalam melaksanakan tugas-tugas pemerintahan untuk memenuhi kebutuhan publik secara efektif dan efisien.

Nigro

Menurut Nigro, Administrasi Publik adalah suatu kerjasama kelompok dalam lingkungan publik, yang mencakup dalam tiga cabang yaitu lembaga yudikatif, legislatif dan eksekutif yang bekerjasama dalam upaya menciptakan kesejahteraan publik.

Chandler dan Plano dalam Keban (2004:3)

Menurut Chandler dan Plano, Administrasi Publik adalah proses dimana sumber daya dan personel publik diorganisir dan dikoordinasikan untuk memformulasikan, mengimplementasikan, dan mengelola keputusan-keputusan dalam kebijakan publik.

Rshall E. Dimock, Gladys O. Dimock dan Louis W.Koenig dalam Harbani Pasolong (2007:7)

Menurut Rshall E. Dimock, Gladys O. Dimock dan Louis W.Koenig, Administrasi Publik adalah kegiatan yang dilakukan oleh pemerintah pusat ataupun pemerintah daerah di dalam melaksanakan kekuasaan politiknya. Kekuasaan politik ini bisa di dapatkan dari sistem demokrasi dan juga sistem warisan (kerajaan).

Dwight Waldo (1984:17)

Menurut Dwight Waldo, Administrasi Publik adalah sebagai manajemen yang dilakukan dalam sebuah organisasi dari manusia-manusia dan peralatannya guna mencapai tujuan pemerintah. Tujuan pemerintah ini di dapatkan dari sistem kapanye pada tehap sebelumnya. Selengkapnya, baca; Program Pemerintah dalam Memperbaiki Kualitas Pendidikan

Harbani Pasolong (2007:8)

Menurut Harbani Pasolong, Administrasi Publik adalah bentuk kerjasama yang dilakukan oleh sekelompok orang atau lembaga dalam melaksanakan tugas-tugas pemerintahan dalam memenuhi kebutuhan publik secara efisien dan efektif.

Dr.H.Amin Ibrahim (2007)

Menurut Dr.H.Amin Ibrahim, Administrasi Publik adalah seluruh upaya penyelenggaraan pemerintah yang meliputi kegiatan manjemen pemerintah (perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan terhadap pembangunan) dengan sebuah mekanisme kerja serta dukungan sumber daya manusia.

Fesler ( 1980 )

Menurut Fesler, Administrasi Publik adalah upaya penyusunan dan pelaksanaan kebijakan yang dilakukan oleh birokrasi dalam sekala besar untuk kemudian beralifiasi pada kepentingan publik (masyarakat), yang pada intinya arti ini di dapatkan untuk kepentingan masyarakat.

Barton dan Chappel

Menurut Barton dan Chappel, Administrasi Publik adalah bentuk “the work of government“yang artinya pekerjaan yang dilakukan pemerintah pusat atau pemerintah daerah untuk kepentingan bersama, baik untuk masyarakat itu sendiri ataupun untuk pemerintah.

Nigro dan Nigro

Menurut Nigro dan Nigro, Administrasi Publik adalah bentuk usaha kerjasama kelompok dalam lingkungan publik, yang kemudaian mencakup dalam tigal, yakni lembaga judikatif, lembaga legislative, dan lebaga axekutif yang dilakukan kerjasama dalam upaya menciptakan kesejahteraan bersama.

Starling

Menurut Starling, Administrasi Publik adalah upaya yang dicapai pemerintah yang kemudian upaya tersebut akan bisa dilakukan sesuai dengan pilihan kebijakan sebagai mana yang telah di janjikan pada saat kampanye pemilihan.

Rosenbloom

Menurut Rosenbloom, Administrasi Publik adalah bentuk pemanfaatan teori, proses manajemen, politik, dan hukum untuk kemudian mampu menjadi bentuk optimalisasi pemerintah guna menjamin bahwa pemerintah adalah fungsi pengaturan pelayanan masyarakat.

Nicholas Henry

Menurut Nicholas Henry, Administrasi Publik adalah bentuk kombinasi yang komplek antara teori dan praktek. Teori ini di dapatkan dari kajian penelitian ilmiah serta diskusi ilmiah yang dapat dipertanggungjawabkan secara keilmuan yang diembannya.

Dimock dan Fox

Menurut Dimock dan Fox, Administrasi Publik adalah upaya untuk memproduksi barang dan jasa. Barang dan jasa tersebut direncanakan untuk melayani kebutuhan masyarakat, kebutuhan ini bisa di dapatkan dari kegiatan manusia setiap harinya.

John M. Pfiffner

Menurut John M. Pfiffner, Administrasi Publik adalah upaya pelaksanaan kebijakan negara, dimana pelaksanaan kebijakan tersebut sudah ditetapkan oleh badan perwakilan politik yang mewakili masyarakat.

Leonard D. White

Menurut Leonard D. White, Administrasi Publik adalah kegiatan untuk mencapai tujuan dengan mendasarkan kepada kebijakan Negara yang telah disepakati bersama-sama, kesempatan ini dilakukan antara lembaga negaara.

E.H. Litcfiled

Menurut E.H. Litcfiled, Administrasi Publik adalah studi mengenai rmacam-macam badan pemerintah yang diorganisir, dilengkapi, dibiayai, digerakkan dan digerakan oleh satu dipimpin dalam dunia pemerintahan yang ada di negara.

Felix A. Nigro

Menurut Felix A. Nigro, Public Administration adalah:
a. Usaha kelompok yang bersifat cooperative di lingkungan pemerintah.
b. Meliputi seluruh ketiga cabang pemerintah, eksekutif, yudikatif, dan legislatif serta pertalian diantara ketiganya.
c. Mempunyai peranan penting dalam formulasi kebijaksanaan publik dan merupakan bagian proses politik.
d. Amat berbeda dengan administrati privat.
e. Berhubungan erat dengan berbagai macam kelompok. Kelompok privat dan individual dalam memberikan pelayanan publik.

Chandler dan Plano (1988:29)

Menurut Chandler dan Plano, Administrasi Publik adalah suatu proses dimana sumber daya dan personel publik di organisir dan dikoordinasikan untuk memformulasikan , mengimplementasikan dan mengelola keputusan dan kebijakan publik. Administrasi publik merupakan seni dan ilmu (art and science) yang ditujukan untuk mengatur kebijakan publik untuk memecahkan permasalahan publik yang terjadi dalam suatu organisasi atau yang lainnya.

Mc Curdy (1986)

Menurut Mc Curdy, Administrasi publik adalah salah satu metode pemerintah suatu negara dan dapat dilihat sebagai suatu proses politik serta dapat juga dianggap sebagai cara prinsipil untuk melaksanakan berbagai fungsi negara.

Demikian artikel pembahasan tentang “23 Pengertian Administrasi Publik (Public Administration) Menurut Para Ahli Lengkap“, semoga bermanfaat.