Pengertian Abrasi, Penyebab, Dampak dan Cara Mencegah Abrasi Lengkap

Posted on

Pengertian Abrasi, Penyebab, Dampak dan Cara Mencegah Terjadinya Abrasi Lengkap – Abrasi adalah proses pengikisan pantai oleh tenaga gelombang laut dan arus laut yang bersifat merusak. Abrasi disebut juga erosi pantai. Kerusakan garis pantai akibat abrasi ini dipacu oleh terganggunya keseimbangan alam daerah pantai tersebut. Meskipun abrasi bisa disebabkan oleh gejala alami, tapi manusia sering disebut sebagai penyebab utama abrasi.

Abrasi atau erosi pantai  adalah pengikisan daerah pantai yang terjadi akibat gelombang dan arus laut yang bersifat merusak (destruktif).

Pengertian Abrasi Menurut Para Ahli

Ada beberapa pengertian abrasi menurut para ahli diantaranya yaitu:

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Menurut KBBI, Abrasi adalah pengikisan batuan oleh angin, air, atau es yang mengandung bahan yang sifatnya merusak.

Undang-Undang No. 24 Tahun 2007

Menurut Undang-Undang No. 24 Tahun 2007, Abrasi adalah proses pengikisan pantai oleh tenaga gelombang laut dan arus laut yang sifatnya merusak, yang dipicu oleh terganggu keseimbangan alam di daerah tersebut.

Aditya Pebriansyah

Menurut Aditya Pebriansyah, Abrasi adalah proses pengikisan tanah yang disebabkan oleh hantaman gelombang laut, air sungai, gletser, atau angin yang ada di sekitarnya.

Penyebab Abrasi

Ada 2 (dua) faktor penyebab terjadinya abrasi yaitu faktor alam dan faktor manusia.

  • Faktor alam ini berupa fenomena alam yang dapat menimbulkan abrasi diantaranya seperti pasang surut air laut, angin di atas lautan yang menghasilkan gelombang, dan juga arus laut yang sifatnya merusak.
  • Faktor manusia yaitu ulah manusia yang dapat menyebabkan abrasi diantaranya seperti ketidakseimbangan ekosistem laut akibat eksploitasi besar-besaran terhadap kekayaan laut oleh manusia; pemanasan global karena pemakaian kendaraan, asap pabrik, pembakaran hutan dan lain sebagainya; penambangan pasir secara besar-besaran.
BACA JUGA :  23 Pengertian Administrasi Publik (Public Administration) Menurut Para Ahli Lengkap

Dampak Abrasi

Adapun dampak terjadinya abrasi, diantaranya yaitu:

  • Penyusutan area pantai.
  • Rusaknya hutan bakau.
  • Hilangnya tempat berkumpul bagi ikan-ikan.

Cara Mencegah Abrasi

Untuk mencegah terjadinya abrasi dapat dilakukan dengan beberapa cara berikut ini diantaranya yaitu:

  • Menanam dan memelihara pohon bakau di daerah pantai.
  • Memelihara dan menjaga  terumbu karang.
  • Melarang kegiatan penambangan pasir.

Demikian artikel pembahasan tentang”Pengertian Abrasi, Penyebab, Dampak dan Cara Mencegah Abrasi Lengkap“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai Jumpa