Pengertian Administrasi Publik, Tujuan dan Fungsi Administrasi Publik (Public Administration) Menurut Para Ahli Lengkap

Posted on

Pengertian Administrasi Publik, Tujuan dan Fungsi Administrasi Publik (Public Administration) Menurut Para Ahli Lengkap – Administrasi Publik (Public Administration) atau Administrasi Negara adalah suatu bahasan ilmu sosial yang mempelajari tiga elemen penting kehidupan bernegara yang meliputi lembaga legislatif, yudikatif dan eksekutif serta hal- hal yang berkaitan dengan publik yang meliputi kebijakan publik, manajemen publik, administrasi pembangunan, tujuan negara, dan etika yang mengatur penyelenggara negara.

Sederhananya, Administrasi Publik adalah ilmu yang mempelajari tentang bagaimana pengelolaan suatu organisasi publik. Kajian administrasi publik ini termasuk mengenai birokrasi; penyusunan, pengimplementasian dan pengevaluasian kebijakan publik; administrasi pembangunan; kepemerintahan daerah; serta good governance.

Pengertian Administrasi Publik Menurut Para Ahli

Dr. H. Amin Ibrahim

Menurut Dr. H. Amin Ibrahim, Administrasi Publik adalah seluruh upaya penyelenggaraan pemerintah yang meliputi kegiatan manajemen pemerintah (perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan terhadap pembangunan) dengan sebuah mekanisme kerja serta dukungan sumber daya manusia.

Nicholas Henry

Menurut Nicholas Henry, Administrasi Publik adalah suatu kombinasi yang kompleks antara teori dan praktek, dengan tujuan mempromosikan pemahaman terhadap pemerintah dalam hubungannya dengan masyarakat yang diperintah, dan juga mendorong kebijakan publik agar lebih responsive terhadap kebutuhan sosial.

Dwight Waldo (1984:17)

Menurut Dwight Waldo, Administrasi Publik adalah sebagai manajemen yang dilakukan dalam sebuah organisasi dari manusia-manusia dan peralatannya guna mencapai tujuan pemerintah. Tujuan pemerintah ini di dapatkan dari sistem kapanye pada tehap sebelumnya. Selengkapnya, baca; Program Pemerintah dalam Memperbaiki Kualitas Pendidikan

Harbani Pasolong (2007:8)

Menurut Harbani Pasolong, Administrasi Publik adalah bentuk kerjasama yang dilakukan oleh sekelompok orang atau lembaga dalam melaksanakan tugas-tugas pemerintahan dalam memenuhi kebutuhan publik secara efisien dan efektif.

Dr.H.Amin Ibrahim (2007)

Menurut Dr.H.Amin Ibrahim, Administrasi Publik adalah seluruh upaya penyelenggaraan pemerintah yang meliputi kegiatan manjemen pemerintah (perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan terhadap pembangunan) dengan sebuah mekanisme kerja serta dukungan sumber daya manusia.

Fesler (1980)

Menurut Fesler, Administrasi Publik adalah upaya penyusunan dan pelaksanaan kebijakan yang dilakukan oleh birokrasi dalam sekala besar untuk kemudian beralifiasi pada kepentingan publik (masyarakat), yang pada intinya arti ini di dapatkan untuk kepentingan masyarakat.

Chandler dan Plano (1988:29)

Menurut Chandler dan Plano, Administrasi Publik adalah suatu proses dimana sumber daya dan personel publik di organisir dan dikoordinasikan untuk memformulasikan , mengimplementasikan dan mengelola keputusan dan kebijakan publik. Administrasi publik merupakan seni dan ilmu (art and science) yang ditujukan untuk mengatur kebijakan publik untuk memecahkan permasalahan publik yang terjadi dalam suatu organisasi atau yang lainnya.

BACA JUGA :  Pengertian Gerakan Non Blok, Sejarah, Latar Belakang, Pendiri, Tujuan dan Peran Indonesia dalam Gerakan Non Blok (GNB) Lengkap

Mc Curdy (1986)

Menurut Mc Curdy, Administrasi publik adalah salah satu metode pemerintah suatu negara dan dapat dilihat sebagai suatu proses politik serta dapat juga dianggap sebagai cara prinsipil untuk melaksanakan berbagai fungsi negara.

Tujuan Administrasi Publik

Tujuan utama administrasi publik yaitu agar dapat mencapai tujuan negara seuai keinginan publik seperti keamanan, kesejahteraan dan keadilan. Untuk mencapai tujuan tersebut dibutuhkan partisipasi sosial, tanggung jawab sosial, dukungan sosial dan juga kontrol sosial terhadap pelaksanaan kegiatan administrasi publik tersebut.

Fungsi Administrasi Publik

Menurut Gerald E. Caiden, ada 6 fungsi administrasi publik diantaranya yaitu:

Fungsi Tradisional
Fungsi tradisional administrasi publik meliputi hubungan luar negeri, ketertiban dalam negeri, pertahanan dan keamanan, pekerjaan umum, perpajakan, dan kesejahteraan umum.

Fungsi Pembangunan Bangsa
Fungsi administrasi publik ini bertujuan untuk menumbuhkan rasa cinta tanah air dan bangsa di tengah masyarakat Indonesia yang sangat heterogen.

Fungsi Manajemen Ekonomi
Masalah ekonomi merupakan tanggungjawab administrasi publik dan tidak bisa diserahkan sepenuhnya pada pihak swasta. Dalam hal ini, administrasi publik bisa berperan langsung maupun dalam pembuatan regulasi.

Fungsi Kesejahteraan Sosial
Dalam meningkatkan kesejahteraan sosial, pemerintah harus ikut turun tangan. Hal tersebut dapat dilakukan dengan memberikan pelayanan masyarakat seperti pelayanan kesehatan, kesejahteraan sosial, jaminan sosial dan perumahan umum.

Fungsi Kontrol Lingkungan
Salah satu bentuk kontrol lingkungan yaitu menjaga kelestarian alam. Untuk mencegah terjadinya kerusakan lingkungan akibat eksploitasi alam, maka perlu dilakukan fungsi kontrol lingkungan seperti, riset dan pengembangan, konservasi, tata kota, dan kontrol lingkungan.

Fungsi Hak Asasi Manusia
Negara yang berlandaskan tatanan demokrasi harus melayani dan melindungi publik secara adil. Fungsi hak asasi manusia administrasi publik meliputi perlindungan HAM, privasi dan pengendalian penduduk.

Demikian artikel pembahasan tentang “Pengertian Administrasi Publik, Tujuan dan Fungsi Administrasi Publik (Public Administration) Menurut Para Ahli Lengkap“, semoga bermanfaat.