Pengertian Tekanan, Macam-Macam, Rumus dan Contoh Soal Tekanan Terlengkap

Posted on

Pengertian Tekanan, Macam-Macam, Rumus dan Contoh Soal Tekanan Terlengkap – Tekanan (simbol: p atau P) merupakan satuan fisika untuk menyatakan gaya (F) per satuan luas (A). Gaya yang dimaksud disini adalah gaya yang tegak lurus dengan permukaan dari suatu objek. Satuan tekanan sering digunakan untuk mengukur kekuatan dari suatu cairan atau gas.

Satuan tekanan bisa dihubungkan dengan satuan volume (isi) dan suhu. Semakin tinggi tekanan di dalam suatu tempat dengan isi yang sama, maka suhu akan semakin tinggi. Hal ini bisa digunakan untuk menjelaskan mengapa suhu di pegunungan lebih rendah daripada di dataran rendah, karena di dataran rendah tekanan lebih tinggi.

Namun pernyataan tersebut tidak selamanya benar atau terkecuali untuk uap air, apabila tekanan uap air ditingkatkan maka akan terjadi perubahan dari gas kembali menjadi cair. Rumus tekanan bisa juga digunakan untuk menerangkan mengapa pisau yang diasah dan permukaannya menipis menjadi tajam. Semakin kecil luas permukaan, dengan gaya yang sama akan dapatkan tekanan yang lebih tinggi. Tekanan udara bisa diukur dengan menggunakan barometer.

Macam-Macam Jenis Tekanan

Secara umum ada 2 (dua) jenis tekanan, apabila tekanan tersebut berhubungan dengan zat cair disebut dengan Tekanan Hidrostatis, sedangkan tekanan yang berhubungan dengan zat gas disebut Tekanan Udara

Tekanan Hidrostatis atau Tekanan Zat Cair

Hidrostatis berasal dari kata hidro yang berarti air dan statis yang berarti tetap, sehingga dapat diartikan jika tekanan hidrostatis adalah tekanan pada zat cair dalam keadaan diam. Hal utama yang mempengaruhi tekanan hidrostatis di suatu tempat diantaranya yaitu kedalaman, massa jenis zat cair tersebut, dan gaya gravitasi pada tempat tersebut.

Tekanan Hidrostatis adalah tekanan yang terjadi di bawah air. Tekanan ini terjadi karena adanya berat air yang membuat cairan tersebut mengeluarkan tekanan. Tekanan suatu cairan bergantung pada kedalaman cairan di dalam sebuah ruang serta gravitasi juga menentukan tekanan air tersebut.

Rumus Tekanan Hidrostatis

P = ρgh

Keterangan:
P = tekanan hidrostatis (Pascal atau N/m2)
ρ = massa jenis cairan (kg/m3)
g = percepatan gravitasi (10 m/s2)
h = kedalaman cairan (m), dihitung dari permukaan air hingga menuju kedalaman benda.

BACA JUGA :  Pengertian, Letak, Fungsi dan Struktur Bagian Sumsum Tulang Belakang (Medula Spinalis) Lengkap

Tekanan Udara

Tekanan udara merupakan tekanan yang menggerakkan massa udara dalam setiap satuan luas tertentu. Alat ukur yang digunakan untuk mengukur tekanan udara disebut barometer. Satuan tekanan udara yaitu milibar (mb). Besarnya tekanan udara akan berbanding terbalik dengan ketinggian suatu tempat, semakin tinggi tempat tersebut, maka semakin rendah tekanan udaranya, begitu pula sebaliknya.

Atmosfer merupakan lapisan yang melindungi bumi. Lapisan ini meluas hingga 1000 km ke atas bumi dan memiliki massa 4.5 x 1018 kg. Massa atmosfer yang menekan permukaan inilah yang disebut dengan tekanan atmosferik. Tekanan atmosferik di permukaan laut adalah 76 cmHg.

Persamaan, Rumus dan Satuan Tekanan

Keterangan:
P = tekanan dengan satuan pascal (Pressure)
F = gaya dengan satuan newton (Force)
A = luas permukaan dengan satuan m2 (Area)

Contoh Soal Tekanan

1. Sebuah truk memiliki 8 roda berisi 2,5 ton muatan dan akan melintasi jembatan. Luas permukaan bidang sentuh roda dengan permukaan jalan seluruhnya adalah 400 cm2. Berapakah tekanan yang dialami setiap ban?

Penyelesaian:
Diketahui:
m  = 2,5 ton = 2500 kg
A   = 400 cm2 = 4 x 10-2 m2
g   = 10 m/s2

Ditanyakan: p =….?
Jawab:
p = f/a =m.g/A
p = 2500 ×10/0,04
p = 625.000 N/m2

Tekanan seluruh ban yaitu  625.000 N/m2 atau 625.000 Pa. Maka  tekanan untuk setiap ban yaitu I/8 x p = 1/8 x 625. 000 = 78.125 Pa.

2. Seorang perenang menyelam di kedalaman 100 m di bawah permukaan air. Apabila massa jenis air adalah 1.000 kg/m3 dan percepatan gravitasi adalah 9,8 m/s, maka berapakah tekanan hidrostatis yang dialami perenang tersebut?

Penyelesaian:
Diketahui:
h = 100 m
ρ= 1000 kg/m3
g = 9,8 m/s2

Ditanyakan: P..?
Jawab:
P = ρgh
P = (1000)(9,8)(100)
P = 9,8 x 105 N/m2

Demikian artikel pembahasan tentang”Pengertian Tekanan, Macam-Macam, Rumus dan Contoh Soal Tekanan Terlengkap“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa