Pengertian Aqidah, Ruang Lingkup, Macam, Tujuan, Keistimewaan dan Contoh Aqidah Islam Lengkap

Posted on

Pengertian Aqidah, Ruang Lingkup, Macam, Tujuan, Keistimewaan dan Contoh Aqidah Islam Lengkap – Secara etimologi, dalam bahasa arab akidah berasal dari kata al-‘aqdu yang berarti ikatan; at-tautsiiqu yang berarti kepercayaan atau keyakinan yang kuat; al-ihkaamu yang artinya mengokohkan (menetapkan), dan ar-rabthu biquw-wah yang berarti mengikat dengan kuat.

Secara terminologi, pengertian akidah adalah iman yang teguh dan pasti, yang tidak ada keraguan sedikit pun bagi orang yang meyakininya.

Secara umum, pengertian aqidah adalah sebuah ikatan atau kepercayaan kuat dalam diri seseorang terhadap apa yang diimaninya. Di dalam islam, Aqidah meliputi keimanan kepada Allah SWT beserta sifat-sifatNya.

Secara bahasa, aqidah diartikan sebagai ikatan atau keyakinan. Sedangkan secara istilah aqidah adalah sebuah keimanan yang kuat terhadap suatu dzat tanpa ada keraguan sedikitpun.

Dapat disimpulkan bahwa pengertian aqidah islam atau akidah islamiyyah adalah keimanan yang teguh dan bersifat pasti kepada Allah dengan segala pelaksanaan kewajiban, bertauhid dan taat kepadaNya, beriman kepada para malaikatNya, rasul-rasulNya, kitab-kitabNya, hari Akhir, takdir baik dan buruk dan mengimani seluruh apa-apa yang telah shahih tentang prinsip-prinsip Agama (Ushuluddin), perkara-perkara yang ghaib, beriman kepada apa yang menjadi ijma’ (konsensus) dari salafush shalih, serta seluruh berita-berita qath’i (pasti), baik secara ilmiah maupun secara amaliyah yang telah ditetapkan menurut Al-Qur’an dan As-Sunnah yang shahih serta ijma’ salaf as-shalih.

Ruang Lingkup Aqidah

Menurut para ulama, ada beberapa hal yang termasuk dalam ruang lingkup aqidah diantaranya:

  • Ilahiyat, yaitu pembahasan hal yang berkenaan dengan masalah ketuhanan, khususnya membahas mengenai Allah SWT.
  • Nubuwwat, yaitu pembahasan hal yang berkenaan dengan para utusan Allah (nabi dan rasul Allah).
  • Ruhaniyat, yaitu pembahasan hal yang berkenaan dengan mahluk gaib. Misalnya malaikat, iblis, dan jin.
  • Sam’iyyat, yaitu pembahasan hal yang berkenaan dengan alam gaib. Misalnya surga, neraka, alam kubur, dan lainnya.

Pembagian Akidah Tauhid

Menurut pembagian ulama, ada tiga macam jenis akidah tauhid, yaitu:

  • Tauhid Al-Uluhiyyah, (al-Fatihah ayat 4 dan an-Nas ayat 3),mengesakan Allah dalam ibadah, yakni beribadah hanya kepada Allah dan karenaNya semata.
  • Tauhid Ar-Rububiyyah, (al-Fatihah ayat 2, dan an-Nas ayat 1), mengesakan Allah dalam perbuatanNya, yakni mengimani dan meyakini bahwa hanya Allah yang mencipta, menguasai dan mengatur alam semesta ini.
  • Tauhid Al-Asma’ was-Sifat, mengesakan Allah dalam asma dan sifatNya, artinya mengimani bahwa tidak ada makhluk yang serupa dengan Allah dalam zat, asma maupun sifat.
BACA JUGA :  Pengertian Macam-Macam Surga dan Neraka Serta Penjelasan Terlengkap

Tujuan Mempelajari Aqidah

Adapun tujuan mempelajari aqidah diantaranya yaitu:

  • Meningkatkan Ibadah Kepada Allah SWT.
  • Menenangkan Jiwa.
  • Meningkatkan Amal Baik.
  • Menegakkan Agamanya.

Keistimewaan Aqidah Islam

Adapun keistimewaan aqidah islam diantaranya yaitu:

Sumber Pengambilan Murni
Aqidah islam mempunyai landasan yang jelas dan murni seperti Al Qur’an, As Sunnah dan juga ijma’ Salafush shalih. Jadi, Aqidah tidak ada campur tangan dengan hawa nafsu, akal maupun asumsi manusia.

Aqidah Tentang Perkara Ghaib
Perkara ghaib adalah segala sesuatu yang tidak bisa dijangkau oleh indra manusia. Aqidah islam sendiri bertumpu pada penyerahan diri dan kepasrahan terhadap segala hal yang tidak bisa di logika.

Jelas, Mudah dan Terang
Aqidah islam memuat segala hal dengan jelas tanpa ada penyimpangan di dalamnya. Selain itu, semua dalil dan maknanya mudah dipahami semua orang.

Bebas dari Paradoks, Kekaburan dan Kerancuan
Seperti diketahui, sumber utama Aqidah islam sangat murni bahkan dalilnya juga sangat jelas. Untuk itu, di dalamnya terbebas dari unsur kekaburan atau paradoks dan tidak mudah untuk dimasuki kebatilan dari berbagai arah.

Contoh Aqidah Islam

Berikut beberapa contoh aqidah Islam, diantaranya yaitu:

  • Beriman kepada Allah dan sifat-sifatnya dengan cara menerima dan meyakini sesuai dengan apa yang tertulis dalam Al-Quran dan As-Sunah (hadits).
  • Melakukan 6rukun iman dalam kehidupan sesuai dengan ajaran Islam dengan melaksanakan perintah Allah dan menjauhi larangan-Nya.
  • Saling menghormati dan menyayangi sesama anggota keluarga dan masyarakat sesuai ajaran Islam.
  • Tidak menerima fatwa, kecuali berdasarkan Al-Quran dan Sunnah yang tsabit (kokoh).

Demikian penjelasan tentang Pengertian Aqidah, Ruang Lingkup, Macam, Tujuan, Keistimewaan dan Contoh Aqidah Islam Lengkap . Semoga bermanfaat dan sampai jumpa pada postingan selanjutnya.