Pengertian Kas, Karakteristik dan Jenis Kas Dalam Akuntansi Lengkap

Posted on

Pengertian Kas, Karakteristik dan Jenis Kas Dalam Akuntansi Lengkap – Kas (cash) adalah harta kekayaan perusahaan yang sifatnya sangat likuid dan berjangka pendek yang dapat dipergunakan dengan bebas untuk kegiatan operasional perusahaan.

Kas juga bisa diartikan sebagai aktiva perusahaan yang berbentuk uang tunai (uang kertas, uang logam, wesel, cek, dan lainnya) yang dipegang perusahaan tersebut maupun disimpan di Bank dan bisa digunakan untuk kegiatan umum perusahaan.

Dalam dunia bisnis, semakin besar nilai kas suatu perusahaan maka kinerja perusahaan tersebut dianggap semakin baik. Di dalam akuntansi, kas merupakan aktiva lancar yang sifatnya paling likuid karena sering mengalami mutasi.

Pengertian Kas Menurut Para Ahli

Dwi Martani (2012:180)

Menurut Dwi Martani, pengertian kas adalah aset keuangan yang paling likuid yang dipergunakan untuk kegiatan operasional perusahaan dan membayar kewajiban perusahaan.

Rudianto (2012:188)

Menurut Rudianto, pengertian kas adalah suatu alat pertukaran yang dimiliki oleh perusahaan dan siap untuk digunakan dalam transaksi perusahaan setiap kali diperlukan.

Dwi Martani dkk (2012:180)

Menurut Dwi Martani dkk, pengertian kas adalah suatu alat pertukaran yang dimiliki oleh perusahaan dan siap untuk digunakan dalam transaksi perusahaan setiap kali diperlukan.

Thomas Sumarsan (2013:1)

Menurut Thomas Sumarsan, pengertian kas adalah aset lancar yang sifatnya sangat likuid dan dapat digunakan secara langsung untuk keperluan operasional perusahaan.

Rizal Effendi (2013:191)

Menurut Rizal Effendi, pengertian kas adalah segala sesuatu (baik yang berbentuk uang atau bukan) yang dapat digunakan sebagai alat pembayaran atau alat pelunasan kewajiban.

Karakteristik Kas

Adapun karakteristik atau ciri-ciri kas diantaranya yaitu:

  • Kas merupakan aset perusahaan yang paling likuid.
  • Kas bisa digunakan sebagai standar pertukaran yang paling umum.
  • Kas bisa digunakan sebagai basis perhitungan dan pengukuran.

Jenis-Jenis Kas

Ada beberapa macam kas di dalam perusahaan, diantaranya yaitu:

Petty Cash (Kas Kecil)

Pengertian petty cash adalah kas dalam bentuk uang tunai yang disiapkan oleh perusahaan untuk membayar berbagai pengeluaran yang nilainya relatif kecil dan tidak ekonomis jika membayarnya dengan cek.

Kas di Bank

Pengertian kas di bank adalah uang yang disimpan oleh perusahaan di rekening bank tertentu yang jumlahnya relatif besar dan membutuhkan keamanan yang lebih baik. Dalam hal ini, kas di bank selalu berhubungan dengan rekening koran perusahaan di bank tersebut.

Pelaporan Kas

Pelaporan kas bisa dilakukan secara langsung. Tapi dalam pelaksanaanya bisa terjadi beberapa masalah, diantaranya:

  • Cash Equivalents atau setara kas, yaitu kelompok aset perusahaan yang jangka waktunya kurang dari tiga bulan.
  • Restricted Cash, yaitu kas yang dipisahkan khusus untuk membayar kewajiban di masa mendatang yang nilainya cukup besar.
  • Bank Overdrafts, yaitu rekening negatif yang terjadi karena nasabah menulis cek yang melebihi jumlah dana yang ada di rekeningnya dan dianggap sebagai utang sehingga bisa dilaporkan sebagai suatu ekspansi kredit.

Demikian artikel pembahasan tentang “Pengertian Kas, Karakteristik dan Jenis Kas Dalam Akuntansi Lengkap“, semoga bermanfaat.