Penyebab Rasa Hambar, Pahit, Asam, Manis Pada Buah Secara Biologis

Posted on

Penyebab Rasa Hambar, Pahit, Asam, Manis Pada Buah Secara BiologisBuah adalah organ pada tumbuhan berbunga yang merupakan perkembangan lanjutan dari bakal buah. Buah biasanya membungkus dan melindungi biji. Aneka rupa dan bentuk buah tidak terlepas kaitannya dengan fungsi utama buah, yakni sebagai pemencar biji tumbuhan.

Buah-buahan memiliki rasa yang bervariasi mulai dari pahit, hambar, asam hingga manis. Namun apa sebenarnya penyebab rasa pahit, hambar, asam, manis pada buah secara biologis?

Penyebab Rasa Hambar, Pahit, Asam, Manis pada Buah Secara Biologis

Secara umum buah-buahan memiliki kandungan air, protein, lemak, karbohidrat (termasuk gula), mineral dan juga vitamin. Zat-zat tersebut sering disebut juga sebagai zat nutrisi. Selain zat nutrisi, ada beberapa jenis buah yang memiliki zat lain berupa aneka golongan asam dan tanin. Asam yang serinh ditemukan dalam buah yaitu asam malat, asam oksalat, asam sitrat dan asam malonat.

Loading...

Gabungan zat nutrisi dengan asam atau tanin tersebut yang mempengaruhi rasa dan kelezatan buah. Buah yang kandungan gulanya rendah dengan kadar air tinggi akan terasa hambar. Bila kadar gula dan kandungan asamnya seimbang rasanya menjadi manis-manis asam. Jika kandungan asamnya lebih tinggi rasanya juga menjadi asam. Jika buah mengandung tanin lebih banyak akan terasa kesat jika dimakan.

Umumnya, buah yang masih muda mengndung asam atau tanin yang relatif tinggi, seiring dengan bertambahnya umur buah kandungan zat-zat tersebut semakin berkurang. Oleh karena itu, rasa manisnya juga semakin tua semakin bertambah.

Adapula buah yang memiliki rasa pahit, penyebab buah tersebut pahit yaitu karena buahnya mengandung unsur karantin atau hydroxytryptamine.

Penyebab Rasa Manis Pada Buah

Pada umumnya, apabila buah sudah matang, metabolisme karbohidrat yang ada pada buah tersebut akan berubah menjadi gula, hal tersebutlah yang menyebabkan rasa manis pada buah tersebut. Zat-zat tersebut disebut juga sebagai nutrisi. Selain nutrisi, beberapa jenis buah ada yang memiliki zat lain berupa aneka golongan asam dan tanin. Nama ilmiah asam-asam tersebut diantaranya asam malat, asam oksalat, asam nitrat, dan juga asam malonat.

Penyebab Rasa Hambar/Tawar Pada Buah

Gabungan zat nutrisi dengan asam atau tanin akan mempengaruhi rasa dan kelezatan buah. Buah dengan kandungan gulanya yang rendah dengan akibat kurang air pada tumbuhan atau kelebihan yakni kadar air yang tinggi akan terasa hambar atau tawar. Kekurangan karbohidrat yang nantinya akan diolah menjadi gula tersebutlah yang akan menyebabkan buah memiliki rasa hambar atau tawar. Untuk mengetahui buah tawar/hambar, kita tidak bisa melihat ciri-cirinya dari luar buah, tapi jika kita mencicipi atau memakannya.

Penyebab Rasa Asam Pada Buah

Jika kandungan gula dan asamnya seimbang, rasanya akan menjadi manis-manis asam. Jika kandungan asamnya lebih tinggi, maka rasanya juga akan menjadi lebih asam. Dan jika buah tersebut mengandung tanin yang cukup banyak, maka hal tersebut akan membuat buah memiliki rasa hambar.

Penyebab Rasa Pahit Pada Buah

Ada beberapa buah yang memiliki rasa pahit, penyebab rasa pahit pada buah tersebut yaitu karena buah tersebut mengandung unsur karatin, sehingga rasanya akan menjadi pahit.

Demikian artikel pembahasan tentang “Penyebab Rasa Hambar, Pahit, Asam, Manis Pada Buah Secara Biologis“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai Jumpa