Pengertian Bangsa, Ciri, Unsur Pembentuk dan Faktor Pembentuk Bangsa Indonesia Lengkap

Posted on

Pengertian Bangsa, Ciri, Unsur Pembentuk dan Faktor Pembentuk Bangsa Indonesia Lengkap – Istilah bangsa berasal dari bahasa latin yaitu natio yang berarti sesuatu telah lahir. Kata tersebut memiliki makna keturunan, kelompok orang yang ada dalam satu garis keturunan.

Pengertian bangsa adalah suatu kelompok yang dianggap nasional memiliki identitas yang sama dan memiliki kesamaan bahasa, agama, ideologi, budidaya dan sejarah. Bangsa umumnya dianggap mempunyai asal usul yang sama.

Pengertian Bangsa Menurut Para Ahli

Soekarno

Menurut Soekarno, suatu bangsa disamping memuliki ciri-ciri tertentu juga harus ditandai oleh adanya kesamaan rasa cinta tanah air.

Ki Bagoes Hadikoesoemo

Menurut Ki Bagoes Hadikoesoemo, Bangsa adalah bersatunya orang dengan tempat ia berada, persatuan antara orang dengan wilayah.

Guibernau

Menurut Guibernau, Bangsa adalah sebuah negara kebangsaan memiliki unsur-unsur yang penting sebagai pengikat diantaranya psikolog, kebudayaan, teritorial, sejarah, politik serta masa depan yang sama.

Ernest Renan (1823-1892)

Menurut Ernest Renan, Bangsa adalah satu jiwa yang melekat pada sekelompok manusia yang merasa dirinya mbersatu karenan memiliki nasib dan penderitaan yang sama pada masa lampau dan memiliki cita-cita yang sama tentang masa depan.

Otto Van Bauer

Menurut Otto Van Bauer, Bangsa adalah suatu kelompok manusia yang memiliki karakter “watak” yang sama yang terbentuk karena adanya perasaan senasib yang sama.

Jacobsen dan Lipman

Menurut Jacobsen dan Lipman, Bangsa adalah kelompok manusia yang lahir karena adanya satu kesatuan budaya “cultural unity” dan satu kesatuan politik “Political Unity”.

Joseph Stalin

Menurut Joseph Stalin, Suatu bangsa terbentuk secara historis merupakan komunitas rakyat yang stabil yang terbentuk atas dasar kesamaan bahasa, wilayah, ekonomi serta perasaan psikologis yang terwujud dalam budaya bersama.

Ciri-Ciri Bangsa

Berikut ini ciri-ciri atau karakteristik bangsa diantaranya yaitu:

  • Terdiri dari sekelompok manusia yang memiliki rasa kebersamaan.
  • Memiliki keanggotaan yang sifatnya nasionalitas atau kebangsaan.
  • Memiliki wilayah tertentu namun belum terdapat pemerintahan sendiri di dalamnya.
  • Terdapat kehendak bersama untuk membentuk dan menjalankan pemerintahan sendiri.
  • Tidak dapat ditentukan secara pasti waktu kelahirannya.

Unsur-Unsur Pembentuk Bangsa

Berikut ini unsur-unsur pembentuk bangsa diantaranya yaitu:

  • Adanya sekelompok manusia yang berada di dalam suatu wilayah tertentu.
  • Adanya keinginan yang sama untuk bersatu di dalam diri setiap anggota kelompok tersebut.
  • Kelompok manusia tersebut memiliki kehendak untuk membentuk pemerintahannya sendiri.
  • Adanya faktor psikologis yang membuat kelompok manusia tersebut memiliki perasaan senasib, sepenganggungan, serta memiliki tujuan dan cita-cita yang sama.
  • Adanya kesamaan budaya, bahasa, karakter, dan lainnya yang membedakan dengan bangsa lainnya.

Berikut ini unsur-unsur dasar pembentukan bangsa Indonesia, diantaranya yaitu:

  • Adanya persamaan asal keturunan etnis.
  • Adanya persamaan pola kebudayaan.
  • Adanya persamaan tempat tinggal atau yang disebut khas tanah air.
  • Adanya persamaan sejarah dan cita-cita di masa depan.

Faktor Pembentuk Bangsa

Menurut identitasnya ada beberapa faktor pembentuk bangsa, diantaranya:

Primodial, yaitu sebuah pandangan atau paham yang memegang teguh hal-hal yang dibawa sejak kecil, baik mengenai tradisi, adat-istiadat, kepercayaan, maupun segala sesuatu yang ada di dalam lingkungan pertamanya. Karena adanya ikatan kekerabatan, kesamaan suku bangsa, daerah, bahasa dan adat istiadat.

Sakral, yaitu sesuatu yang dianggap suci atau keramat oleh masyarakat. Karena adanya kesamaan agama yang dianut masyarakat.

Tokoh, yaitu orang-orang tertentu yang memiliki pengaruh dan dianggap penting di dalam suatu masyarakat. Tokoh dijadikan sebagai panutan untuk mewujudkan misi bangsa.

Sejarah, yaitu kejadian yang terjadi pada masa lampau yang disusun berdasarkan peninggalan berbagai peristiwa. Karena sejarah dan masa lalu seperti penderitaan akan melahirkan rasa solidaritas sehingga memungkinkan untuk membentuk tekad dan tujuan antar kelompok masyarakat.

Perkembangan ekonomi, yaitu karena semakin perkembangan ekonomi meningkat maka akan semakin beragam pula kebutuhan masyarakat sehingga akan membuat masyarakat semakin ketergantungan satu sama lain dan secara tidak langsung ingin membentuk suatu kesatuan yaitu suatu bangsa.

Sedangkan faktor pembentuk bangsa Indonesia, diantaranya yaitu:

  • Persamaan asal keturunan etnis.
  • Persamaan pola kebudayaan.
  • Persamaan tempat tinggal yang disebut tanah air.
  • Persamaan sejarah.
  • Persamaan cita cita.

Ada beberapa faktor yang dijadikan sebagai perekat persatuan bangsa indonesia, diantaranya Pancasila, UUD 1945, Bendera kebangsaan Merah Putih, Lagu kebangsaan Indonesia Raya, Bahasa Indonesia, Satu Wilayah Indonesia, dan juga satu pemerintahan negara.

Demikian artikel tentang Pengertian Bangsa, Ciri, Unsur Pembentuk dan Faktor Pembentuk Bangsa Indonesia Lengkap , semoga bermanfaat dan dapat menambah ilmu pengetahuan anda.