Pengertian Ekonomi Manajerial, Peran dan Tujuan serta Ruang Lingkup Ekonomi Manajerial Lengkap

Posted on

Ekonomi manajerial atau managerial economics adalah aplikasi teori ekonomi dan perangkat analisis ilmu keputusan untuk membahas bagaimana suatu organisasi dapat mencapai tujuan atau maksudnya dengan cara yang paling efisien. Ekonomi manajerial berhubungan dengan area fungsional ilmu administrasi bisnis yang meliputi akuntansi, keuangan, pemasaran, manajemen sumber daya manusia, dan produksi.

Ekonomi Manajerial merupakan penerapan teori ekonomi dan seperangkat analisis ilmu keputusan. Ilmu ini membahas bagaimana suatu organisasi atau bisnis bisa mencapai tujuan dengan cara yang efektif dan efisien.

Sederhananya, managerial economics bermaksud untuk menggabungkan ilmu EKONOMI dan langkah pengambilan keputusan. Dalam hal ini ekonomi manajerial penting sebagai strategi yang paling efisien dan efektif untuk menjalankan bisnis.

Pengertian Ekonomi Manajerial Menurut Para Ahli

Mc Connel (1993)

Menurut Mc Connel, Ekonomi Manajerial adalah alat analisis yang sangat berguna bagi manajer dalam pengambilan keputusan bisnis. Sesuai namanya, ekonomi manajerial merupakan hibrid dari ilmu ekonomi dan ilmu manajemen.

Evan J. Douglas (1995)

Menurut Evan J. Douglas, Ekonomi Manajerial adalah cabang ilmu pengetahuan yang berkaitan dengan penerapan prinsip-prinsip metodologi ekonomi dalam proses pengambilan keputusan perusahaan atau organisasi.

Dominic Salvatore (1996)

Menurut Dominic Salvatore, Ekonomi Manajerial adalah pengetahuan yang menunjukkan adanya aplikasi teori ekonomi dan analisis pengetahuan pengambilan keputusan yang menelaah bagaimana organisasi dapat mencapai tujuan secara efisien.

Ket (2000)

Menurut Ket, Ekonomi Manajerial adalah ilmu dan seni tentang bagaimana mengorganisasikan dan mengalokasikan sumber daya perusahaan yang terbatas untuk mencapai tujuan yang diinginkan.

Hirschey (2003)

Menurut Hirschey, Ekonomi Manajerial adalah aplikasi teori dan metode ekonomi dalam proses pengambilan keputusan manajerial dan administratif.

BACA JUGA :  Pengertian Surat Izin Tempat Usaha, Manfaat, Prosedur dan Persyaratan Surat Izin Tempat Usaha (SITU) Lengkap

Peran dan Tujuan Ekonomi Manajerial

Adapun peranan dan tujuan ekonoi manajerial diantaranya yaitu:

  • Sebagai alat evaluasi jika terjadi pergantian manajer baru.
  • Membantu manajer menyelesaikan masalah.
  • Membantu mengatur keuangan.
  • Mengetahui lingkungan industri, perusahaan dan perekonomian.
  • Mendapatkan keuntungan perusahaan.

Ruang Lingkup Ekonomi Manajerial

Adapun ruang lingkup ekonomi manajerial diantaranya yaitu:

Teori Ekonomi
Adanya teori ekonomi bisa menjadi acuan untuk pengambilan keputusan. Teori ekonomi sendiri terdiri atas teori ekonomi makro dan ekonomi mikro.

Ekonomi mikro termasuk serangkaian teori mengenai pengambilan keputusan berdasarkan tingkah laku ekonomis seperti pemilik sumber daya, sistem perdagangan bebas dan konsumen individu. Sedangkan teori makro mengenai sistem pengambilan keputusan berdasarkan output, pendapatan, investasi, konsumsi, pekerjaan dan agregat ekonomi.

Pengambilan Keputusan
Prisip ekonomi manajerial didasarkan dari alokasi terhadap sumber daya yang langka seperti prinsip “Man, Money, Material, Methode”.

Peran ekonomi manajerial dalam pengambilan keputusan manajerial harus menerapkan teori dan metode ekonomi. Kemudian keduanya digabungkan dengan alat dan teknik analisis ekonomi untuk pemecahan masalah manajerial secara optimal.

Ilmu Keputusan
Matematika dan ekonometri atau statistika bisa dijadikan sebagai model keputusan yang bertujuan untuk menentukan langkah optimal perusahaan atau bisnis untuk mencapai tujuan.

Ilmu Administrasi Bisnis
Ilmu administrasi dalam bisnis dapat menjadi latar belakang teori untuk pengambilan keputusan termasuk keuangan, akuntansi, manajemen sumber daya manusia dan manajemen pemasaran juga produksi.

Demikian artikel pembahasan tentang “Pengertian Ekonomi Manajerial, Peran dan Tujuan serta Ruang Lingkup Ekonomi Manajerial Lengkap“, semoga bermanfaat.