Pengertian Masyarakat Madani, Unsur, Ciri dan Pilar Penegak Masyarakat Madani Lengkap

Posted on

Pengertian Masyarakat Madani, Unsur, Ciri dan Pilar Penegak Masyarakat Madani Lengkap – Masyarakat Madani (civil society) adalah suatu masyarakat yang beradab dalam membangun, menjalani, dan memaknai kehidupannya. Masyarakat madani disebut juga dengan masyarakat sipil.

Pengertian masyarakat madani adalah suatu masyarakat yang beradab dan menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan, masyarakat demokratis, serta yang maju dan menguasai ilmu pengetahuan, dan teknologi.

Istilah masyarakat madani pertama kali dikemukakan oleh mantan wakil perdana menteri Malaysia, Anwar Ibrahim. Menurut Anwar Ibrahim, masyarakat madani adalah suatu sistem sosial yang subur berlandaskan prinsip moral yang menjamin keseimbangan antara kestabilan masyarakat dengan kebebasan individu.

Pengertian Masyarakat Madani Menurut Para Ahli

Muhammad AS Hikam

Menurut Muhammad AS Hikam, Masyarakat Madani adalah semua wilayah kehidupan sosial yang terorganisir dan memiliki ciri-ciri; kesukarelaan, keswasembadaan, keswadayaan, dan kemandirian yang tinggi di hadapan Negara, serta terikat oleh norma dan nilai hukum yang diikuti semua warganya.

Syamsudin Haris

Menurut Syamsudin Haris, Masyarakat Madani adalah suatu lingkup sosial yang berada di luar pengaruh Negara dan model yang tersusun dari lingkungan masyarakat paling akrab seperti; keluarga, asosiasi sukarela, gerakan masyarakat, dan lainnya.

Nurcholis Madjid

Menurut Nurcholis Madjid, Masyarakat Madani adalah merujuk pada masyarakat Islam yang pernah dibangun oleh Nabi Muhammad SAW di Madinah, yaitu masyarakat dengan peradaban yang memiliki ciri; kesederajatan, keterbukaan, toleransi, musyawarah, dan menghargai prestasi.

Dawam Rahardjo

Menurut Dawam Rahardjo, Masyarakat Madani adalah suatu proses penciptaan peradaban yang mengacu pada nilai-nilai kebijakan bersama berdasarkan suatu pedoman hidup untuk menciptakan persatuan dan integrasi sosial.

Ernest Gellner

Menurut Ernest Gellner, Civil Society adalah masyarakat yang terdiri atas berbagai institusi non-pemerintah yang otonom dan cukup kuat untuk dapat mengimbangi Negara.

Cohen dan Arato

Menurut Cohen dan Arato, Masyarakat Sipil adalah suatu wilayah interaksi sosial diantara wilayah ekonomi, politik, dan Negara, yang di dalamnya mencakup semua kelompok sosial yang bekerja sama membangun ikatan sosial di luar lembaga resmi, menggalang solidaritas kemanusiaan, dan mengupayakan kebaikan bersama.

Unsur-Unsur Masyarakat Madani

Berikut ini unsur-unsur masyarakat madani atau masyarakat sipil, diantaranya yaitu:

  • Wilayah Publik yang Luas
  • Adanya Demokrasi
  • Adanya Toleransi, yaitu suatu sikap saling menghormati dan menghargai antar individu atau antar kelompok di dalam masyarakat dimana tujuannya untuk menghindarkan terjadinya diskriminasi.
  • Adanya Pluralisme, yaitu pengakuan dan penerimaan masyarakat akan adanya kemajemukan atau keberagaman di lingkungannya.
  • Adanya Keadilan Sosial.

Ciri-Ciri Masyarakat Madani

Menurut Bahmuller (1997), ciri-ciri atau karakteristik masyarakat madani atau masyarakat sipil diantaranya yaitu:

  • Adanya integrasi antara individu dengan individu, individu dengan kelompok, di dalam masyarakat melalui kontrak sosial dan aliansi sosial.
  • Adanya penyebaran kekuasaan di dalam masyarakat sehingga kepentingan-kepentingan yang mendominasi masyarakat dapat dibatasi atau dikurangi dengan adanya beberapa kekuatan alternatif.
  • Adanya keanggotaan berbagai organisasi volunter yang menyumbang berbagai masukan terhadap keputusan-keputusan pemerintah sehingga kepentingan individu dan Negara dapat dijembatani.
  • Adanya peningkatan dan perluasan kesetiaan, kepercayaan, sehingga setiap anggota masyarakat mengakui keterkaitannya satu sama lain dan mementingkan kepentingan umum.
  • Adanya kebebasan bagi masyarakat dalam melakukan kegiatan lembaga-lembaga sosial dengan beragam perspektif.

Pilar Penegak Masyarakat Madani

Pengertian pilar penegak masyarakat sipil adalah institusi-institusi yang menjadi bagian dari kontrol sosial dalam menyampaikan aspirasi masyarakat serta memberikan kritik membangun terhadap kebijakan-kebijakan pemerintah. Berikut ini beberapa pilar penegak masyarakat madani diantaranya yaitu:

Pers
Pers merupakan institusi independen yang berfungsi sebagai kontrol sosial yang dalam pelaksanaannya dapat mengkritisi, menganalisis, dan mempublikasi kebijakan pemerintah. Selain itu, pers juga bisa menyampaikan informasi terkait aspirasi masyarakat dan berita secara transparan dan objektif.

Supremasi Hukum
Setiap warga negara harus tunduk dan dilindungi oleh hukum. Dengan begitu, setiap warga negara mendapat jaminan dan perlindungan terhadap segala bentuk penindasan dari individu maupun kelompok masyarakat.

Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM)
Lembaga Swadaya Masyarakat merupakan institusi yang bertugas membantu dan memperjuangkan aspirasi dan kepentingan masyarakat yang mengalami penindasan.

Perguruan Tinggi
Perguruan tinggi merupakan bagian kekuatan sosial yang bergerak dalam jalur moral porce untuk menyampaikan aspirasi dan mengkritisi kebijakan pemerintah. Akan tetapi, dalam pelaksanannya harus sesuai dengan jalur yang benar dan objektif untuk kepentingan masyarakat.

Partai Politik
Adanya partai politik merupakan salah satu syarat terwujudnya masyarakat madani, dimana partai politik sebagai tempat bagi setiap warga negara untuk dapat mengekspresikan pandangan politiknya.

Demikian penjelasan yang bisa kami sampaikan tentang “Pengertian Masyarakat Madani, Unsur, Ciri dan Pilar Penegak Masyarakat Madani Lengkap“, semoga bermanfaat dan sampai jumpa pada postingan selanjutnya.