Pengertian Karbohidrat, Jenis, Fungsi dan Sumber Karbohidrat Lengkap

Posted on

Pengertian Karbohidrat, Jenis, Fungsi dan Sumber Karbohidrat Lengkap – Karbohidrat, hidrat arang atau sakarida adalah segolongan besar senyawa organik yang paling melimpah di bumi. Karbohidrat sendiri terdiri atas karbon, hidrogen, dan oksigen. Karbohidrat memiliki berbagai fungsi dalam tubuh makhluk hidup, terutama sebagai bahan bakar (misalnya glukosa), cadangan makanan (misalnya pati pada tumbuhan dan glikogen pada hewan), dan materi pembangun (misalnya selulosa pada tumbuhan, kitin pada hewan dan jamur). Pada proses fotosintesis, tumbuhan hijau mengubah karbon dioksida menjadi karbohidrat.

Secara biokimia, karbohidrat adalah polihidroksil-aldehida atau polihidroksil-keton, atau senyawa yang menghasilkan senyawa-senyawa ini jika dihidrolisis. Karbohidrat mengandung gugus fungsi karbonil (sebagai aldehida atau keton) dan banyak gugus hidroksil. Pada awalnya, istilah karbohidrat digunakan untuk golongan senyawa yang memiliki rumus (CH2O)n, yaitu senyawa-senyawa yang n atom karbonnya tampak terhidrasi oleh n molekul air. Akan tetapi, terdapat juga karbohidrat yang tidak memiliki rumus demikian dan ada pula yang mengandung nitrogen, fosforus, atau sulfur.

Lebih singkatnya, karbohidrat adalah salah satu senyawa organik yang ketersediannya cukup melimpah di alam yang diperoleh dari hasil sintesis karbon dioksida (CO2) dan air (H2O) dengan bantuan sinar matahari dan zat hijau daun. Karbohidrat berperan sebagai sumber energi langsung bagi tubuh dalam membentuk glukosa.

Jenis-Jenis Karbohidrat

Berdasarkan gugus gula penyusunnya, karbohidrat dibedakan menjadi tiga jenis, yaitu monosakarida, disakarida dan polisakarida.

Monosakarida, yaitu karbohidrat paling sederhana yang terdiri dari satu gugus gula dan memiliki rasa manis serta mudah larut dalam air. Karbohidrat jenis ini terdiri atas tiga golongan, yakni glukosa, fruktosa dan galaktosa.

Disakarida, yaitu karbohidrat yang terdiri atas dua gugus gula, yaitu gabungan dari dua macam monosakarida. Disakarida juga terdiri atas tiga golongan yakni sukrosa, maltosa dan galaktosa.

BACA JUGA :  Pengertian, Macam-Macam, Manfaat dan Dampak Serta Perbedaan Bioteknologi Konvensional dan Bioteknologi Modern

Polisakarida, yaitu karbohidrat yang terdiri dari beberapa gugus gula dan biasanya lebih dari enam molekul monosakarida. Pada umumnya, polisakarida cenderung terasa pahit dan sukar larut dalam air. Karbohidrat yang termasuk dalam polisakarida diantaranya pati, glikogen dan serat.

Fungsi Karbohidrat

Berikut ini fungsi karbohidrat bagi tubuh manusia diantaranya yaitu:

  • Sebagai sumber energi utama. Sumber energi yang dibutuhkan yaitu glukosa dan tidak bisa digantikan oleh sumber energi lainnya pada beberapa organ didalam tubu.h
  • Berperan dalam proses metabolisme, menjaga keseimbangan asam dan basa dan membentuk struktur sel, jaringan, serta organ dalam tubuh
  • Berperan dalam proses pencernaan makanan
  • Membantu penyerapan kalsium
  • Sebagai pembentuk senyawa lain, misalnya menjadi asam lemak yang berperan sebagai penyusun lemak dan asam amino sebagai penyusun protein
  • Sebagai komponen penyusun gen dalam inti sel yang amat penting dalam pewarisan sifat. Gen terdiri dari asam deoksiribunukleat (DNA) dan asam ribonukleat (RNA) yang merupakan karbohidrat beratom C lima.
  • Sebagagai senyawa yang membantu berlangsungnya proses BAB. Selulosa merupakan polisakarida yang sulit dicerna, namun keberadaannya dalam sisa pencernaan bisa mencegah konstipasi (sembelit).

Sumber Karbohidrat

Berikut ini beberapa contoh sumber karbohidrat diantaranya yaitu:

  • Beras putih atau nasi
  • Kentang rebus
  • Ubi jalar
  • Jagung
  • Kacang-kacangan
  • Roti gandum utuh
  • Beras merah
  • dll

Demikian artikel pembahasan tentang “Pengertian Karbohidrat, Jenis, Fungsi dan Sumber Karbohidrat Lengkap“, semoga bermanfaat