Pengertian Agresif, Ciri dan Jenis Bentuk Perilaku Agresif Menurut Para Ahli Lengkap

Posted on

Pengertian Agresif, Ciri dan Jenis Bentuk Perilaku Agresif Menurut Para Ahli Lengkap – Pengertian agresif (aggressive) adalah suatu perilaku yang secara sengaja bermaksud untuk melukai atau menyakiti orang lain baik secara fisik maupun secara verbal.

Perilaku agresif sering dikaitkan pada sifat anak-anak pada usia perkembangan yang cenderung melakukan apapun yang ia inginkan meski harus mengejek atau menyakiti anak lainnya.

Istilah agresif sering dikaitkan dengan kondisi psikologis seseorang dan lebih sering dimaknai dalam konotasi perilaku yang negatif. Dalam ilmu psikologi, agresif adalah perilaku atau tindakan seseorang yang ditujukan untuk menyerang atau menyakiti makhluk lainnya.

Pengertian Perilaku Agresif Menurut Para Ahli

David G. Myers (2010:69)

Menurut David G. Myers, Agresif adalah suatu perilaku fisik maupun verbal yang bertujuan untuk melukai objek yang menjadi sasaran agresi.

Robert Baron (Dayakisni dan Hudaniah, 2009:193)

Menurut Robert Baron, Agresif adalah tingkah laku individu yang bertujuan untuk melukai atau mencelakai individu lain yang tidak menginginkan datangnya tingkah laku tersebut.

Leonard Berkowitz (Taganing dan Fortuna, 2008)

Menurut Leonard Berkowitz, Perilaku agresif adalah bentuk perilaku yang dimaksudkan untuk menyakiti orang lain, baik secara fisik maupun secara mental.

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Menurut KBBI, Agresif adalah suatu sifat atau nafsu untuk menyerang; cenderung (ingin) menyerang sesuatu yang dianggap sebagai hal atau situasi yang mengecewakan, menghalangi, atau menghambat.

Linda L. Davidoff

Menurut Linda L. Davidoff, Agresif adalah suatu tindakan mahluk hidup yang ditujukan untuk menyerang dan menyakiti mahluk lainnya, baik secara verbal maupun non verbal.

Kartono (2000: 57)

Menurut Kartono, Agresif adalah kemarahan yang meluap-luap dan orang melakukan serangan secara kasar
dengan jalan yang tidak wajar.

Krahe (2005: 16)

Menurut Krahe , Agresif adalah segala bentuk perilaku yang dimaksudkan untuk menyakiti atau melukai makhluk hidup lain yang terdorong untuk menghindari perilaku itu.

Prastika (2005:85)

Menurut Prastika, Perilaku agresif adalah tingkah laku yang bertujuan melukai atau menyakiti seseorang atau sesuatu benda, baik secara verbal maupun nonverbal, yang menimbulkan permusuhan.

BACA JUGA :  Manajemen Konflik - Pengertian, Ciri, Tahapan, Tingkatan, Strategi dan Dampak Konflik

Hanurawan (2010:81)

Menurut Hanurawan, Perilaku agresi adalah tanggapan yang mampu memberikan stimulus merugikan/merusak terhadap organisme lain.

Sears, Jonathan & Peplau (1985:3)

Menurut Sears, Jonathan & Peplau, Perilaku agresif adalah perilaku yang melukai orang lain.

Ciri-Ciri Perilaku Agresif

Menurut Bower & Bower (dalam Psychemate 2007), ciri ciri atau karakteristik perilaku agresif diantaranya yaitu:

  • Mengekspresikan perasaan tanpa mengindahkan bahkan menyinggung perasaan orang lain.
  • Mata yang tidak ekspresif, dingin, merendahkan, melotot serta memalingkan muka ketika berbicara.
  • Lebih banyak berbicara dengan cara yang cepat serta membicarakan hal-hal yang berkaitan dengan dirinya sendiri.
  • Seringkali membanggakan dirinya sendiri apalagi ketika dipuji orang lain, tapi cenderung untuk membuat orang yang memujinya merasa tersinggung.
  • Memiliki sifat sok tahu dimana mencoba untuk memberikan opini atas semua hal menurut sudut pandang mereka sendiri, dan sering kali membenarkan pendapat sendiri.
  • Cenderung menyerang, mengintimidasi, mengkritik dan memaksa untuk meminta penjelasan lebih lanjut.
  • Selalu mempertahankan haknya tanpa peduli dengan hak orang lain.
  • Cenderung menyampaikan keluhan dengan meledak ledak.
  • Cenderung menyerang orang lain yang tidak sependapat dengan dirinya dengan cara memotong pembicaraan atau mengintimidasi.

Jenis-Jenis Perilaku Agresif

Adapun bentuk perilaku agresif menurut pakar psikologi diantaranya yaitu:

Agresif Rasa Benci

Jenis perilaku agresif ini ditandai dengan seseorang yang memiliki sifat emosi yang tinggi dan sering kali mengungkapkan kemarahan. Agresif berpusat pada tujuan dari sifat agresif itu sendiri dan sering disebut sebagai agresif jenis panas. Seseorang dengan sifat agresif seperti ini cenderung tidak peduli saat perbuatannya lebih banyak menimbulkan kerugian daripada manfaat untuk orang lain.

Agresif untuk Mencapai Tujuan

Jenis sikap agresif ini tidak disertai dengan perilaku yang sering emosi. Jenis agresif ini hanya menunjukkan sikap ambisius untuk mencapai tujuan tertentu, sehingga seringkali antara pelaku dan korban memang tidak ada hubungan pribadi.

Demikian artikel pembahasan tentang”Pengertian Agresif, Ciri dan Jenis Bentuk Perilaku Agresif Menurut Para Ahli Lengkap“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa