Pengertian Brand Ambassador, Karakteristik, Tugas dan Manfaat Brand Ambassador (Duta Merek) Menurut Para Ahli Lengkap

Posted on

Pengertian Brand Ambassador, Karakteristik, Tugas dan Manfaat Brand Ambassador (Duta Merek) Menurut Para Ahli Lengkap – Duta Merek atau Brand Ambassador adalah istilah pemasaran untuk seseorang atau grup yang dipekerjakan dengan dikontrak oleh sebuah organisasi atau perusahaan untuk mempromosikan suatu merek dalam bentuk produk atau jasa.

Pengertian brand ambassador adalah individu atau kelompok yang ditunjuk sebagai ikon atau identitas untuk mewakili produk tertentu sebagai representasi citra terbaik dari suatu produk, agar dengan kepupuleran, keahlian dan daya tariknya dapat menarik dan mengajak konsumen untuk membeli atau menggunakan produk tersebut.

Dengan kata lain, pengertian brand ambassador adalah individu atau kelompok yang memliki kepopuleran, keahlian, daya tarik, dan kekuatan dalam menyampaikan sebuah pesan atau merepresentasikan sebuah produk atau jasa dalam mengajak konsumen.

Duta merek atau brand ambassador ini dimaksudkan untuk mewujudkan identitas perusahaan dalam penampilan, sikap, nilai dan etika. Elemen kunci dari duta merek terletak pada kemampuan mereka untuk menggunakan strategi promosi yang akan memperkuat pelanggan dan mempengaruhi penonton untuk membeli suatu produk lebih banyak lagi.

Biasanya, seorang duta merek dikenal sebagai pembicara positif yang menunjukkan hal-hal positif dari suatu merek yang ditunjuk sebagai agen internal atau eksternal untuk menciptakan kenaikan dalam penjualan suatu merek berupa produk/jasa.

Pengertian Brand Ambassador Menurut Para Ahli

Royan (2004)

Menurut Royan, Brand Ambassador adalah seseorang yang dipercaya untuk mewakili produk tertentu. Penggunaan brand ambassador dilakukan oleh perusahaan untuk mempengaruhi atau mengajak konsumen untuk menggunakan sebuah produk, pemilihan brand ambassador biasanya seorang selebriti yang terkenal.

Doucett (2008)

Menurut Doucett, Brand Ambassador adalah seseorang yang memiliki passion terhadap brand, mau memperkenalkannya, dan bahkan dengan sukarela memberikan informasi mengenai brand.

Lea Greenwood (2012)

Menurut Lea Greenwood, Brand Ambassador adalah alat yang digunakan oleh perusahaan untuk mengkomunikasin dan berhubungan dengan publik, dengan harapan mereka dapat meningkatkan penjualan.

Shimp

Menurut Shimp dalam Rennyta Yusiana dan Rifaatul Maulida (2015:2), Brand Ambassador adalah orang yang mendukung suatu merek dari berbagai tokoh masyarakat populer, selain dari masyarakat populer dapat juga didukung oleh orang biasa dan lebih sering disebut sebagai endorser biasa. Karakteristik brand ambassador yaitu visibility (kepopuleran), credibility (keahlian), attraction (daya tarik) dan power (kekuatan).

Gita dan Setyorini (2016)

Menurut Gita dan Setyorini, Brand Ambassador adalah ikon budaya atau identitas, dimana mereka bertindak sebagai alat pemasaran yang mewakili pencapaian individualisme kejayaan manusia serta komodifikasi dan komersialisasi suatu produk.

Karakteristik Brand Ambassador

Menurut Lea Greenwood (2012), ada beberapa karakteristik yang perlu diperhatikan dalam menentukan brand ambassador, diantaranya yaitu:

BACA JUGA :  Pengertian Dan Bentuk Lipatan Dan Patahan Beserta Jenis Dan Contohnya Lengkap

Transparansi, yaitu saat seorang selebriti mendukung suatu merek yang terkait dengan profesi mereka.
Kesesuaian, yaitu konsep kunci pada brand ambassador yakni memastikan adanya kecocokan antara merek dan selebriti.
Kredibilitas, yaitu tingkatan dimana konsumen melihat bahwa sumber (ambassador) memiliki pengetahuan keahlian atau pengalaman yang relevan dan sumber (ambassador) tersebut bisa dipercaya untuk memberikan informasi yang objektif dan tidak biasa.
Daya tarik, yaitu tampilan non fisik yang menarik dan bisa menunjang suatu produk maupun iklan.
Power, yaitu kharisma yang dipancarkan narasumber untuk mempengaruhi konsumen sehingga konsumen terpengaruh untuk membeli/menggunakan produk.

Menurut Royan (2004), ada tiga karakteristik yang harus dimiliki oleh brand ambassador, diantaranya yaitu

Attractiveness (daya tarik), ini tidak hanya daya tarik fisik, tetapi juga seperti kecerdasan, sifat-sifat kepribadian, gaya hidup, keatletisan tubuh, dan lain sebagainya.
Trustworthiness (kepercayaan), dimana tingkat kepercayaan, ketergantungan, seperti seseorang yang bisa di percaya.
Expertise (keahlian), keahlian yang mengacu pada pengetahuan, pengalaman, atau keterampilan yang dimiliki seseorang pendukung yang berhubungan dengan topik yang diwakilinya.

Tugas atau Peranan Brand Ambassador

Menurut Royan (2004), dalam menjalankan fungsinya untuk mempromosikan suatu produk, brand ambassador memiliki peranan atau tugas diantaranya seperti:

  • Memberikan kesaksian (testimonial).
  • Memberikan dorongan dan penguatan (endorsement).
  • Bertindak sebagai aktor dalam topik (iklan) yang diwakilinya.
  • Bertindak sebagai juru bicara perusahaan.

Manfaat Brand Ambassador

Menurut Lea Greenwood (2012), manfaat brand ambassador, diantaranya yaitu:

Press coverage. Brand ambassador berperan dalam memberikan tekanan agar bisamembentuk citra sebuah merek dimata konsumen.
Changing perceptions of the brand. Brand ambassador bisa mengubah persepsi atas suatu brand, dengan penggunaan brand ambassador yang efektif maka bisa mendukung citra dan persepsi sebuah brand.
Attracting new customers. Bagi perusahaan, brand ambassador sangat berperan dalam menarik konsumen agar menggunakan produknya. Untuk itu, dibutuhkan kesesuiaan dalam pemilihan brand ambassador dengan target konsumen.
Freshening up an existing campaign. Kadang konsumen kurang memperhatikan atau lupa dengan slogan atau kampanye yang diusung sebuah perusahaan, dengan adanya brand ambassador maka konsumen akan lebih mudah mengingat kampanye perusahaan.

Demikian artikel tentang”Pengertian Brand Ambassador, Karakteristik, Tugas dan Manfaat Brand Ambassador (Duta Merek) Menurut Para Ahli Lengkap“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya.